Content Pillar

Panduan Lengkap: Memilih Jasa Pest Control

jasa pest control

Artikel ini membahas panduan memilih jasa pest control yang tepat, mulai dari berkenalan apa itu hama, dampak hama pada bisnis, cara mengendalikan hama, keuntungan menggunakan jasa pest control dan panduan memilih jasa pest control yang tepat dan terpercaya.


Serangan hama jadi masalah di area bisnis, kantor, dan tempat tinggal Anda?

Tidak bisa dipungkiri, berkembang biaknya hama sebagai organisme yang merugikan tentu saja akan membawa berbagai masalah. Terlebih lagi jika hama berkembang biak di area publik dan bisnis seperti rumah sakit, perkantoran, apartemen, hingga mall. Selain merepotkan, keberadaan hama seperti itu akan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit dalam jangka waktu panjang.

Penanganan yang tepat dan cepat merupakan solusi terbaik untuk mencegah kerugian tersebut. Kami sangat memahami hal itu, oleh karena itu kami membuat artikel pengenalan dan pengendalian terbaik untuk setiap jenis hama, termasuk cara memilih jasa pest control Jakarta. Temukan solusi terbaik sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing.


Bagian 1 | Berkenalan dengan Hama

A. Apa itu Hama

Hama adalah serangga atau hewan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan ataupun kerusakan pada properti Anda.

B. Jenis-jenis Hama

Beberapa jenis hama yang paling umum ditemukan adalah:

1. Hama Semut

Semut merupakan jenis hama yang paling umum ditemukan di dalam bangunan. Semut merupakan makhluk sosial yang hidup dalam koloni dengan jumlah anggota mencapai ribuan. Anda akan menemukan berbagai jenis semut mulai dari semut kebun, semut hitam, semut rangrang, dan berbagai jenis semut lainnya.

Hama ini menyukai aroma manis dan mengkonsumsi segala jenis makanan. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk selalu membersihkan sisa maupun tumpahan makanan sesegera mungkin.

2. Hama Tikus

Hama tikus dapat masuk ke dalam properti tanpa Anda ketahui. Hama tikus sangat merugikan karena mereka dikenal sebagai pembawa penyakit seperti leptospirosis dan penyakit pes.

TIdak hanya itu, mereka dapat menyebabkan kerusakan properti. Tikus dapat menggerogoti dinding, plafon, furniture, bahkan kabel listrik yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.

3. Hama Lalat

Lalat menjadi salah satu perantara dan penyebab penyakit seperti kolera, disentri, dan tiphoid. Masa perkembangbiakan lalat sangat singkat. Anda dapat melihat peningkatan jumlah lalat hanya dalam waktu beberapa hari.

4. Hama Rayap

Makanan utama rayap adalah kayu. Bila dibiarkan, rayap akan menyebabkan kerusakan parah pada furniture dan juga struktur bangunan yang dapat membahayakan penghuninya.

5. Hama Nyamuk

Nyamuk adalah hama pengisap darah yang sangat mengganggu. Hama ini menjadi perantara berbagai jenis penyakit seperti malaria, demam berdarah, dan penyakit Zika.

6. Hama Kecoa

Kecoa menyukai tempat yang lembab, basah, dan gelap. Serupa dengan tikus, hama yang satu ini juga menjadi penyebab berbagai penyakit seperti disentri, kolera, dan leprosi.

7. Hama Kutu Kasur

Sesuai namanya, hama yang satu ini bersembunyi di tempat tidur, kasur, dan selimut. Binatang yang aktif di malam hari ini akan menghisap darah Anda saat sedang tidur dan menyebabkan kulit menjadi gatal dan memerah.

8. Hama Curut

Seperti tikus, curut juga dapat menyebarkan berbagai jenis penyakit seperti salmonellosis dan hantavirus. Curut juga dikenal suka menggerogoti berbagai jenis barang termasuk kabel listrik.


Bagian 2 | Dampak Hama Pada Bisnis

A. Dampak Hama pada Bisnis Perhotelan

Dalam bisnis perhotelan, jenis hama yang paling sering ditemukan adalah semut, tikus, dan kecoa. Keberadaan hama tersebut akan berdampak buruk terutama dari segi rating hotel. Bayangkan bila tamu hotel melihat tikus berkeliaran di kamar mandi. Secara otomatis mereka akan memasukkan hal tersebut ke dalam review hotel dan memberikan rating yang rendah. Calon pengunjung yang melihat review tersebut tentu akan berpikir 2 kali sebelum memutuskan untuk menginap di hotel itu.

B. Dampak Hama pada Bisnis Restoran

Pada tipe bisnis ini, jenis hama yang umum ditemukan adalah semut, tikus, dan lalat. Keberadaan hama tersebut bisa menjadi indikasi bahwa pemilik dan pengelola restoran tidak peduli dengan kebersihan. Dampak negatifnya berupa masalah kesehatan pengunjung yang otomatis menurunkan jumlah pengunjung dan pemasukan.

C. Dampak Hama pada Bisnis Apartemen/Perumahan

Bila Anda menjalankan bisnis apartemen/perumahan, maka Anda harus ekstra hati-hati dengan hama seperti tikus, curut, kutu kasur dan rayap. Tikus akan menggerogoti dinding, plafon, ataupun kabel yang akan membuat biaya perbaikan menjadi lebih besar. Sementara itu, rayap akan melemahkan struktur hunian yang berisiko bagi keselamatan pengunjung dan semua orang didalamnya.

D. Dampak Hama pada Bisnis Perkantoran

Bisnis perkantoran pastinya tidak asing dengan hama seperti tikus. Hama ini membawa dampak negatif misalnya kerusakan furniture hingga kerusakan dokumen kertas yang tidak tersimpan dengan baik. Akibatnya adalah produktivitas yang menurun karena Anda dan karyawan lain harus bekerja ekstra keras untuk mengatasi masalah tersebut.


Bagian 3 | Pengendalian Hama dengan Jasa Pest Control

A. Mengenal Jasa Pest Control

1. Pengertian Jasa Pest Control

Jasa pest control Jakarta adalah penyedia jasa untuk mengontrol penyebaran hama di hunian ataupun area bisnis.

jasa pest control

2. 4 Tipe Pengendalian Hama

Jasa pembasmi hama memiliki beberapa jenis layanan atau tipe pengendalian hama yaitu:

  • Biological Pest Control

Biological pest control menggunakan organisme makhluk hidup untuk melawan atau mengontrol keberadaan hama di area bisnis Anda. Salah satu contoh yang paling umum adalah penggunaan kucing untuk mengusir tikus.

  • Chemical Pest Control

Jasa pembasmi hama menggunakan bahan kimia seperti insektisida untuk mengontrol hama. Tipe pengendalian hama ini sangat efektif dan membuatnya sangat populer.

  • Electronic Pest Control

Teknologi menjadi senjata utama dalam jenis pengendalian hama secara elektronik. Jasa pembasmi hama menyediakan perangkat elektromagnetik yang mampu menyerang sistem saraf beberapa jenis hama seperti semut dan tikus. Sementara itu, beberapa jenis perangkat ultrasonik memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara dengan gelombang tinggi untuk mengusir beberapa jenis hama.

  • Physical Pest Control

Tipe pengendalian hama dari jasa pembasmi hama yang satu ini mengandalkan benda fisik untuk menghalau hama misalnya saja jaring-jaring untuk menghalangi hama menyerang tanaman.

3. Metode pada Jasa Pest Control

jasa pest control

Secara umum, metode yang dipergunakan oleh jasa pembasmi hama terbagi menjadi 2 yaitu:

  • Metode Pengendalian Hama secara Fisik

Metode pengendalian hama dari jasa pembasmi hama secara fisik berfokus pada upaya membasmi hama, memindahkan hama, dan pencegahan hama. Metode ini menggunakan berbagai pendekatan misalnya dengan menggunakan umpan ataupun manipulasi temperatur.

  • Metode Pengendalian Hama secara Kimia

Jasa pembasmi hama menggunakan metode pengendalian hama secara kimia berupa racun, insektisida, dan rodentisida.

B. Kapan Anda Harus Menggunakan Jasa Pest Control

jasa pest control

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan jasa pembasmi hama? Jawabannya akan berbeda untuk setiap kebutuhan, semuanya tergantung pada:

1. Waktu

Apabila Anda memiliki kesibukan yang padat dan tidak mungkin untuk melakukan pengendalian hama seorang diri, maka penggunaan jasa pembasmi hama adalah jawabannya.

2. Jumlah Hama

Pada skala kecil, Anda mungkin dapat membeli anti serangga di toko terdekat untuk membasmi semut yang berkerumun di dekat rumah. Namun bila jumlah hama sudah berkembang di luar kendali atau saat hama sudah tidak dapat dikendalikan dengan cara sederhana, maka sudah saatnya untuk menggunakan jasa pembasmi hama.

3. Musim-musim Tertentu

Sebagian hama akan lebih aktif menyerang pada musim atau waktu tertentu. Dalam kondisi tersebut, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pembasmi hama.


Bagian 4 | 10 Keuntungan Menggunakan Jasa Pest Control

Jasa pembasmi hama memberikan berbagai keuntungan yang Anda tidak pernah bayangkan sebelumnya, yaitu:

  1. Tenaga profesional jasa pembasmi hama menggunakan bahan kimia secara terkontrol sehingga aman untuk Anda dan keluarga
  2. Menurunkan kemungkinan terkena penyakit layanan jasa pembasmi hama sukses menurunkan jumlah hama secara drastis
  3. Jumlah hama yang menurun membantu meningkatkan kualitas kesehatan kulit
  4. Jasa pembasmi hama dapat memberikan hasil yang efektif dalam waktu singkat
  5. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk membersihkan hama. Biarkan para profesional dari jasa pembasmi hama yang melakukannya
  6. Struktur bangunan yang lebih kuat dan aman, terutama dalam hal serangan rayap
  7. Istirahat yang cukup karena Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah hama.
  8. Hemat biaya. Jasa pembasmi hama menyediakan layanan profesional sehingga Anda tidak perlu terus menerus mengeluarkan uang untuk upaya pengontrolan hama yang tidak efektif.
  9. Mendapatkan ilmu dari para ahli jasa pembasmi hama tentang penanggulangan dan pencegahan serangan hama di masa yang akan datang.
  10. Pikiran yang tenang, karena Anda tidak perlu lagi memikirkan masalah hama dan dapat berfokus pada upaya pengembangan bisnis.

Bagian 5 | Panduan Memilih Jasa Pest Control

jasa pembasmi rayap

Dari sekian banyak penyedia jasa pest control Jakarta yang ada di luar sana, siapa yang harus Anda pilih? Sebelum Anda memilih penyedia jasa yang tepat, pertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Ijin

Pastikan penyedia jasa pest control Jakarta tersebut memiliki ijin dari Lembaga resmi di Indonesia

2. Reputasi dan pengalaman

Cek reputasi dan pengalaman kerja dari penyedia jasa pest control Jakarta tersebut. Anda bisa menemukan review dari para pengguna jasa sebelumnya baik teman, keluarga atau rekan bisnis. Anda juga dapat menemukan review penyedia jasa tersebut secara online

3. Metode pengendalian hama yang ditawarkan

Cari tahu metode seperti apa yang dipergunakan oleh jasa pest control Jakarta tersebut? Apakah metode tersebut mampu bekerja efektif untuk menangani masalah hama yang Anda hadapi? Apakah mereka bersedia mendiskusikan metode yang terbaik dengan Anda sebagai calon klien?

4. SOP

Penerapan standar operational of procedure (SOP) seperti apa yang dijalankan oleh penyedia jasa pest control Jakarta? Apakah SOP yang dipergunakan mampu menjamin keamanan dan keselamatan semua pihak termasuk Anda dan para petugasnya?

5. Biaya

Apakah penyedia jasa pest control Jakarta tersebut mampu memberikan estimasi biaya untuk mengatasi permasalahan Anda? Lakukan perbandingan biaya antara beberapa penyedia jasa untuk mendapatkan penawaran terbaik.


Bagian 6 | Strategic Pestcontrol Akurat Tangani Hama Membandel

A. Berkenalan dengan Strategic Pestcontrol

jasa basmi rayap

Mari berkenalan dengan Strategic Pestcontrol, salah satu penyedia jasa pest control Jakarta yang terpercaya. Mengapa disebut sebagai jasa pest control terpercaya? Karena kami:

  1. Jasa pest control Jakarta SPC memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun dalam bidang penanganan hama
  2. Memiliki sertifikasi sebagai bukti keahlian
  3. Strategic Pestcontrol menawarkan 3 jasa yaitu:
  •  Pest & Rodent Control

Menangani hama rayap, hama terbang, hama tikus, dan hama jenis lainnya

  • Disinfect Corona Virus

Menyediakan pelayanan desinfeksi yang sesuai dengan standar keamanan dan kesehatan dalam bentuk cold fogging, spraying, whipping, misting, dan fogging.

  •  Pest Control Product

Menyediakan peralatan penanggulangan dan penanganan hama seperti rat box, flytrap dan lain sebagainya.

B. Alasan Memilih Strategic Pestcontrol

Mengapa memilih Strategic Pestcontrol dibandingkan dengan penyedia jasa pest control Jakarta lainnya? Sederhana saja, karena Strategic Pestcontrol (SPC) memberikan pelayanan berupa:

1. Total Inclusion Service Level

Mengacu pada kebijakan satu kali laporan kepada personil SPC akan diteruskan kepada seluruh jajaran untuk mempercepat proses identifikasi dan penanganan masalah hama.

2. Active Ingredients

Jasa pest control Jakarta SPC menggunakan bahan aktif yang memiliki daya kendali tinggi untuk mengendalikan hama secara menyeluruh hingga 90%.

jasa pembasmi tikus

3. Industrial Grade Equipment

Penggunaan peralatan teknologi terbaru oleh teknisi jasa pest control Jakarta untuk mendukung proses pengendalian hama.

4. Memenuhi Standar Regulasi

Jasa pest control Jakarta SPC telah memenuhi standar regulasi ISO, Good Manufacturing Practice (GMP), dan Health Regulation sebagai bukti kualitas pelayanan.

C. 4 Cara Penanganan Hama oleh Strategic Pestcontrol

SPC sebagai penyedia jasa pest control Jakarta menjalankan prosedur yang terintegrasi dalam setiap proses penanganan hama. Prosedur tersebut mencakup:

1. Pencegahan

SPC sebagai jasa pest control Jakarta akan melakukan asesmen terhadap kondisi lingkungan termasuk struktur bangunan, sanitasi, dan faktor lain yang menjadi penyebab dari munculnya hama.

2. Pemindahan

Hasil asesmen jasa pest control Jakarta ini akan dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan teknik pemindahan yang tepat dan sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, tim SPC akan memasang perangkap, menutup lubang masuk hama ke dalam bangunan, ataupun memindahkan sarang hama bila dimungkinkan.

pest control jakarta

3. Sanitasi

Proses pembersihan area sekitar dari jasa pest control Jakarta efektif dalam mencegah hama sebelum menimbulkan masalah lebih jauh.

4. Pengobatan

Tim SPC jasa pest control Jakarta menggunakan peralatan terbaru untuk mengatasi masalah hama dengan efektif.


Penutup Panduan Memilih Jasa Pest Control

Kini, Anda telah mengetahui bahwa penanganan hama yang efektif harus dilakukan secara terintegrasi. Penanganan hama yang kurang tepat akan membuat serangan hama kembali berulang dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Oleh karena itu, jangan salah dalam memilih solusi penanganan hama terbaik. Konsultasikan kebutuhan penanganan hama untuk keberlangsungan bisnis Anda dengan Strategic Pestcontrol.

jasa pest control

Cari tahu lebih lanjut tentang Strategic Pestcontrol sebagai penyedia jasa pest control Jakarta terbaik sekarang juga.

Hubungi Strategic Pestcontrol penyedia jasa pest control terpercaya  dan atasi masalah hama yang mengganggu sekarang juga. Tersedia layanan konsultasi gratis dan dapatkan fasilitas survey gratis dari Strategic Pestcontrol. Info lebih lanjut klik disini: Whatsapp.