Content Pillar

Panduan Lengkap: Cara Menghilangkan Kecoa Hingga Tuntas

cara mengusir kecoa

iArtikel ini membahas cara menghilangkan kecoa mulai dari berkenalan dengan jenis-jenis kecoa, dampak hama kecoa pada bisnis maupun individu, panduan lengkap cara mengusir kecoa, tips mencegah datangnya kecoa, dan rekomendasi jasa pest control yang tepat untuk menangani permasalahan hama kecoa.


Kecoa bisa ditemukan hampir di mana saja. Entah itu di rumah, tempat hiburan atau bahkan rumah makan, semua tempat seakan tidak ada yang benar-benar kebal dari serangga yang satu ini. Padahal ancaman kesehatannya begitu nyata. Tak mengherankan, banyak orang yang begitu getol mencari solusi bagaimana cara mengusir kecoa.

Di artikel ini, kami akan membahas mengenal beberapa jenis kecoa yang sering ditemukan dan cara mengatasinya. Selain itu, terdapat panduan cara menghilangkan kecoa di gedung maupun di tempat tinggal Anda.

Bagian 1 | Berkenalan dengan Hama Kecoa

A. Mengenal Jenis-Jenis Kecoa

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menghilangkan kecoa, perlu diketahui kalau kecoa ini ada banyak jenisnya. Sebut saja seperti kecoa jerman, kecoa asia, kecoa amerika, sampai kecoa florida woods. Jadi sebelum lompat ke cara menghilangkan kecoa hingga tuntas di rumah, yuk pahami jenis-jenis kecoanya dulu.

1. Kecoa Jerman

Kecoa ini punya warna coklat muda dengan dua garis gelap berjalan sejajar di punggungnya. Meski punya sayap, kecoa jerman lebih suka berlarian. Kalau ingin tahu cara menghilangkan kecoa di rumah, Anda harus tahu di mana cara menemukannya terlebih dulu. Kecoa jenis ini biasanya mudah ditemukan di tempat-tempat yang lembab dan gelap, seperti kamar mandi dan dapur.

2. Kecoa Brown-Banded

Kalau bicara soal bagaimana cara menghilangkan kecoa brown-banded, ada satu hal yang perlu Anda tahu. Kecoa jenis ini lebih sering tinggal di tempat dengan tingkat kelembaban yang relatif rendah. Biasanya, kecoa brown-banded biasanya dijumpai di garasi, tempat penyimpanan atau kloset.

3. Kecoa Asia

Kecoa asia biasanya hidup di pohon ataupun semak-semak. Meski begitu, mereka sering masuk ke dalam rumah pada malam hari. Itulah kenapa Anda harus tahu bagaimana cara menghilangkan kecoa di rumah. Meski memiliki ciri fisik mirip seperti kecoa jerman, kecoa asia termasuk penerbang yang handal dan sangat tertarik dengan cahaya.

4. Kecoa Amerika

Kecoa amerika termasuk spesies kecoa terbesar yang ada saat ini. Ciri-ciri kecoa jenis ini punya sayap dan tubuh berwarna coklat merah dan cincin berwarna kuning atau tan di bagian punggung lehernya. Kalau bicara soal cara mengusir kecoa di rumah, kecoa amerika biasa dijumpai di selokan, sistem drainase dan ruang bawah tanah.

5. Kecoa Australia

Kecoa australia mirip seperti kecoa amerika. Hanya saja, kecoa jenis ini punya garis-garis kuning di tepi luar sayapnya, tepatnya di ujung atas dekat bagian kepala dan bintik-bintik gelap di bagian pronotumnya.
Kecoa Australia umumnya tinggal di outdoor, seperti di sekitar tanaman, pepohonan atau bangunan. Namun saat udara dingin, mereka bisa masuk ke dalam rumah. Itulah kenapa Anda harus membekali diri dengan cara menghilangkan kecoa hingga tuntas di rumah.

6. Kecoa Oriental

Kecoa oriental punya warna gelap mengkilap kehitaman dengan bulu di bagian kakinya. Sayap kecoa jantan menutup 75% tubuhnya. Sedangkan betinanya, mereka hampir tidak memiliki sayap. Kecoa jenis ini hidup di outdoor dengan tingkat kelembaban tinggi. Karena itu, Anda bisa menemukannya di ruang bawah tanah, selokan, saluran air, di bawah trotoar, di sekitar pipa atau di bawah batu.

7. Kecoa Smokey-Brown

Kalau bicara soal cara menghilangkan kecoa di rumah, kecoa jenis yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Kecoa smokey-brown mirip seperti kecoa amerika. Hanya saja, ukurannya lebih kecil, berwarna mahoni yang seragam dan tanpa aksen warna kuning.
Kecoa smokey-brown bisa terbang dan biasa dijumpai di tumpukan kayu dan daun. Meski lebih sering berada di outdoor, mereka juga sering masuk ke dalam rumah.

8. Kecoa Florida Woods

Dibandingkan dengan kecoa outdoor lainnya, kecoa florida woods lebih lambat. Sayap mereka tidak terbentuk sempurna. Meski jarang dijumpai di indoor, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan kecoa di rumah jikalau kecoa jenis ini masuk ke hunian Anda.

B. Penyebab Adanya Hama Kecoa

Bicara soal cara menghilangkan kecoa di rumah, Anda juga perlu tahu kenapa bisa ada kecoa di dalam rumah atau di manapun itu. Ada beberapa hal yang menyebabkan kecoa banyak bermunculan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Adanya sumber makanan kecoa di dalam rumah
  2. Kebutuhan kecoa akan tempat berlindung
  3. Lokasi yang nyaman untuk kecoa hidup
  4. Kedekatan dengan sumber air dan
  5. Lanskap tempat tinggal yang dipandang ideal untuk kecoa hidup

C. Bagaimana Hama Kecoa Masuk

Sangat sulit menerapkan cara menghilangkan kecoa tanpa tahu bagaimana kecoa bisa masuk ke dalam rumah atau bangunan. Jadi selain memahami bagaimana cara menghilangkan kecoa di rumah, berikut bagaimana kecoa bisa masuk ke dalam rumah:

  1. Celah jendela atau pintu
  2. Lubang pipa dan lubang ventilasi
  3. Perabot bekas yang dimasukkan ke dalam rumah

Bagian 2 | Dampak Hama Kecoa

A. Dampak Adanya Kecoa di Rumah

Keberadaan kecoa memang tidak bisa sepenuhnya dihindari. Meski begitu, Anda juga harus membekali diri dengan pengetahuan akan cara menghilangkan kecoa di rumah.

Adanya kecoa di dalam rumah bisa mengganggu pemandangan dan kenyamanan. Selain itu, kecoa juga bisa membawa bakteri Salmonella dan E. Coli. Selain itu, kecoa juga bisa membawa penyakit, seperti diare, disentri hingga hepatitis E.

B. Dampak Adanya Kecoa di Hotel

Kalau di rumah, gangguan yang ditimbulkan kecoa memang lebih bersifat personal dan terbatas pada pemilik rumah beserta penghuninya. Tapi kalau sudah masuk ke hotel, kecoa bisa memicu lebih banyak masalah.

Citra buruk bisa menyebabkan rating hotel turun. Ulasan dan testimoni buruk bisa menyebar dengan cepat hingga menyebabkan turunnya penjualan. Jadi sebelum jadi masalah yang lebih serius, Anda harus mencari cara menghilangkan kecoa secepatnya.

C. Dampak Adanya Kecoa di Perkantoran

Keberadaan kecoa di perkantoran sebenarnya tidak memberi dampak langsung ke omzet perusahaan. Meski demikian, kecoa bisa mengganggu kenyamanan karyawan hingga berdampak pada produktivitas mereka dalam bekerja.

D. Dampak Adanya Kecoa di Restoran

Kecoa bisa menjadi teror menakutkan bagi pengusaha restoran. Keberadaan kecoa bisa membuat pelanggan merasa jijik. Rating restoran jelas akan turun dan ulasan buruk bisa menyebar dengan cepat. Selain itu, masih ada dampak kesehatan yang juga tidak kalah mengancam jika cara mengusir kecoa tidak segera dijalankan.


Bagian 3 | Panduan Cara Menghilangkan Kecoa

A. 6 Cara Menghilangkan Kecoa Secara Alami

Cara menghilangkan kecoa di rumah sebenarnya ada banyak cara. Ada cara alami, ada juga cara non-alami. Kalau Anda ingin cara yang alami, Anda bisa menggunakan cara berikut ini:

  1. Tanah Diatom

    Cara menghilangkan kecoa yang satu ini efektif mengusir kecoa, terjangkau dan aman untuk anak-anak maupun hewan peliharaan. Saat kecoa melakukan kontak langsung dengan tanah diatom, tulang luarnya akan dehidrasi hingga membunuh kecoa.

  2. Baking Soda

    Saat kecoa makan umpan yang mengandung baking soda, perut kecoa akan dipenuhi gas hingga membunuh mereka.

  3. Asam Borat

    Cara menghilangkan kecoa yang satu ini terbilang efektif, mudah, tidak beracun dan terjangkau. Saat kecoa melakukan kontak dengan kecoa, kaki dan sayapnya akan lengket. Namun saat kecoa makan umpan yang mengandung asam borat, sistem pencernaannya akan rusak dan membunuhnya.

  4. Borax

    Borax juga bisa menjadi cara mengusir kecoa di rumah yang sangat efektif. Saat borax masuk ke tubuh kecoa, mereka akan mengalami dehidrasi hingga akhirnya mati.

  5. Jeruk

    Meski enak untuk manusia, bau jeruk cukup efektif mengusir kecoa. Namun perlu diingat, cara ini hanya mengusir kecoa saja, bukan membunuhnya.

  6. Minyak Esensial

    Mirip seperti jeruk, minyak esensial juga bisa menjadi cara menghilangkan kecoa di rumah yang cukup efektif. Minyak esensial juga tidak beracun dan terjangkau. Hanya saja, cara ini tidak bisa membunuh kecoa.

B. 5 Cara Menghilangkan Kecoa secara Konvensional

Selain cara alami, Anda juga bisa menggunakan cara konvensional untuk mengusir kecoa. Berikut beberapa cara menghilangkan kecoa di rumah yang bisa Anda coba.

cara mengusir kecoa

  1. Menggunakan perangkap lem untuk mengidentifikasi area-area yang punya masalah kecoa.
  2. Tentukan tempat menaruh umpan.
  3. Tutup semua celah dan titik masuk kecoa.
  4. Gunakan konsentrat cair pada tempat kecoa biasa bersembunyi.
  5. Gunakan jasa manajemen hama profesional.

C. 4 Cara Menghilangkan Kecoa di Luar Ruangan

Sebelum masuk ke dalam rumah, ada baiknya Anda melakukan langkah pencegahan dengan memahami bagaimana cara menghilangkan kecoa di luar ruangan. Berikut cara yang bisa Anda terapkan.

  1. Bersihkan area luar bangunan dari genangan air, tumpukan kayu atau apapun yang dapat menjadi tempat tinggal kecoa.
  2. Gunakan perangkap lengket untuk menjebak kecoa yang ada di sekitar bangunan.
  3. Gunakan umpan untuk membasmi kecoa sebelum masuk ke dalam bangunan.
  4. Semprotkan pestisida ke area sekitar bangunan

D. Cara Menghilangkan Kecoa dengan Tenaga Pest Control Berpengalaman

Jika Anda merasa kalau cara menghilangkan kecoa di rumah masih cukup merepotkan, Anda bisa menghubungi tenaga pengendali hama berpengalaman. Mereka tahu bagaimana cara menghilangkan kecoa secara efektif dan apa yang harus dilakukan untuk membasmi mereka semua.

cara mengusir kecoa

Agar pembersihan hama berjalan tuntas, pastikan untuk mempekerjakan tenaga pengendali hama profesional yang memiliki pengalaman panjang dalam urusan membasmi hama, khususnya kecoa.


Bagian 4 | 6 Tips Mencegah Kecoa Balik Lagi

Cara terbaik untuk mengusir kecoa adalah dengan mencegahnya datang dan menginvasi rumah ataupun tempat usaha. Dibandingkan dengan cara membasmi kecoa, pencegahan sebenarnya juga lebih sederhana. Berikut cara mencegah kecoa agar tidak mengganggu:

  1. Jaga kebersihan ruangan

    Kecoa umumnya suka dengan tempat yang lembab. Mereka juga suka dengan tempat yang kotor. Karena itu, membersihkan ruangan mulai dari lantai sampai ke perabotan bisa menjadi cara membasmi kecoadi rumah yang cukup efektif.

    Sebagai catatan, cara ini mungkin tidak sepenuhnya mampu mengusir semua kecoa. Tapi jika dibandingkan dengan ruangan yang kotor, ruangan yang bersih relatif lebih sedikit kecoa.

  2. Buang sampah makanan secara teratur.

    Salah satu alasan kenapa kecoa bersarang di rumah adalah karena di tempat ini ada banyak sumber makanan untuk mereka. Dengan membuang sampah makanan secara teratur, kecoa akan kehilangan sumber makanan tersebut, bahkan bisa terusir dengan sendirinya.

  3. Perhatikan kebersihan dapur

    Dapur adalah salah satu tempat favorit kecoa. Kalau ingin tahu cara membasmi kecoa di rumah, Anda bisa mulai lebih memperhatikan kebersihan area ini. Bersihkan dapur secara rutin. Jika dapur bersih, kecoa tidak akan banyak bersarang di sini.

  4. Simpan kardus secara rapi

    Kardus adalah salah satu tempat favorit kecoa bersarang. Jadi kalau masih dibutuhkan, simpan kardus dengan rapi. Tempatkan di tempat yang kering. Kalau diterapkan, menyimpan kardus dengan rapi bisa menjadi cara membasmi kecoa di rumah yang cukup ampuh.

  5. Amankan lubang dan celah kecil

    Satu lagi cara membasmi kecoa di rumah adalah dengan menutup akses masuk kecoa ke dalam rumah. Anda bisa melakukannya dengan mengamankan lubang dan celah-celah kecil.

  6. Perbaiki kebocoran segera

    Jika ada pipa yang bocor, segera perbaiki kebocoran yang ada. Meski hanya kecil, lokasi kebocoran bisa berubah menjadi tempat favorit kecoa untuk tinggal. Jadi dengan memperbaiki kebocoran segera, kemungkinan-kemungkinan seperti ini bisa dicegah.


Bagian 5 | Strategic Pestcontrol Akurat Tangani Hama Kecoa

A. Berkenalan dengan Strategic Pestcontrol

Strategic Pestcontrol atau SPC merupakan perusahaan pembasmi hama berpengalaman yang fokus melayani kawasan komersial, industri dan perumahan. Pengalaman selama 14 tahun dalam membasmi hama membuat kami memahami bahwa setiap hama memiliki cara berbeda untuk mengatasinya. Selain hama-hama umum seperti tikus, kami juga memahami bagaimana cara membasmi kecoa secara efektif.

Jasa pembasmian hama Strategic Pestcontrol telah berizin resmi dari pemerintah. Selain itu, kami juga menyediakan 3 layanan utama untuk membantu siapapun yang memiliki masalah hama.

  1. Pest Rodent Control

    Merupakan layanan yang disediakan untuk menangani hama tikus, hama merayap, hama terbang dan hama tidak umum. Jika Anda mencari cara membasmi kecoa di rumah, layanan ini bisa jadi solusinya.

  2. Desinfeksi Virus Corona

    Selain berpengalaman dan memahami cara membasmi kecoa di rumah, kami juga menyediakan layanan desinfeksi virus corona. Beberapa layanan desinfeksi yang kami sediakan diantaranya adalah cold fogging, misting, whipping, spraying dan fogging.

  3. Peralatan Pengendali Hama

    Kami juga menyediakan peralatan pengendali hama. Jika Anda tahu cara membasmi kecoa di rumah dan ingin melakukannya sendiri, Anda bisa menemukan berbagai alat pengusir hama, seperti rat box, flytrap dan alat lainnya di sini.

B. Alasan Memilih Strategic Pestcontrol

Ada banyak layanan yang tahu cara membasmi kecoa di rumah. Meski demikian, hanya Strategic Pestcontrol yang mampu menawarkan hal-hal berikut ini.

  1. Total Inclusion Service Level

    Kami menerapkan Total Inclusion Service Level yang berarti, satu kali pelaporan kepada personil SPC, segera diketahui oleh seluruh jajaran. Dengan demikian, proses identifikasi dan penanganan masalah hama dapat diidentifikasi lebih cepat.

  2. Active Ingredients

    Selain pengetahuan akan cara membasmi kecoa di rumah, kami juga memiliki daya kendali tinggi sehingga hama dapat terkontrol secara menyeluruh. Obat pengendali hama diracik khusus berdasarkan permasalahan yang ditangani, oleh sebab itu hama terkendali efektif hingga 90%.

    cara mengusir kecoa

  3. Industrial Grade Equipment

    Dalam implementasi cara membasmi kecoa di rumah, Strategic Pestcontrol menggunakan peralatan yang lengkap dengan teknologi canggih.

  4. Fulfill All the Regulation (MSDS & ISO)

    Layanan kami telah memenuhi Standar Regulasi ISO, Good Manufacturing Practice (GMP) dan Health Regulation. Selain itu, perusahaan kami juga selalu mengikuti regulasi terbaru.

C. 4 Cara Menghilangkan Kecoa oleh Strategic Pestcontrol

  1. Prevention

    Untuk menentukan cara membasmi kecoa yang paling efektif, kami menilai semua faktor lingkungan untuk mengidentifikasi kondisi struktural, masalah sanitasi dan faktor lain yang menunjukkan bagaimana hama bisa masuk atau mengapa mereka mungkin ingin masuk.

  2. Exclusion

    Cara membasmi kecoa yang kami gunakan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik berdasarkan penilaian fisik. Kami juga menggunakan teknik proaktif seperti pengucilan fisik, memasang pintu jebakan, menutup lubang untuk menutup semua titik masuk ke rumah atau bisnis Anda sesuai kebutuhan.

    cara mengusir kecoa

  3. Sanitation

    Kami memprioritaskan opsi pembersihan dan perawatan non-kimia untuk mencegah hama sebelum berkembang menjadi masalah dan membuat lingkungan jadi tidak menarik bagi hama sebagai cara membasmi kecoa.

  4. Treatment

    Teknisi SPC menggunakan cara membasmi kecoa di rumah dengan alat terbaru dan bahan kimia yang tersedia. Kami akan mengatasi masalah populasi hama yang ada dengan menerapkan langkah-langkah pengendalian untuk memastikan masalah benar-benar teratasi.


Penutup Panduan Cara Menghilangkan Kecoa

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis kecoa, penyebab munculnya kecoa hingga cara membasmi kecoa di rumah, kini Anda tahu bahwa membasmi hama kecoa terkadang bisa cukup rumit dan merepotkan. Kondisi yang berbeda terkadang juga membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Agar lebih mudah, Anda bisa meminta bantuan dari tenaga profesional SPC. Pilih cara membasmi kecoa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan Strategic PestControl terlebih dahulu.

Hubungi Strategic Pestcontrol penyedia jasa pest control terpercaya di Jakarta dan atasi masalah hama kecoa yang mengganggu sekarang juga. Tersedia layanan konsultasi gratis dan dapatkan fasilitas survey gratis dari Strategic Pestcontrol. Info lebih lanjut klik disini: Whatsapp.