Content Pillar

Trik Jitu: Cara Membasmi Tikus Tanpa Ribet

cara mengusir tikus

Artikel ini membahas panduan lengkap cara membasmi tikus membandel tanpa menggunakan racun. Mulai dari mengenal jenis-jenis hama pengerat, panduan mengusir tikus, tips mencegah datangnya tikus dan rekomendasi jasa pest control yang tepat untuk menangani permasalahan hama tikus.


Hama tikus bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Keberadaannya juga membuat lingkungan jadi terasa tidak nyaman. Tikus sendiri bisa dijumpai di hampir semua tempat, seperti di rumah, apartemen, perkantoran, perhotelan, bahkan di restoran. Tak mengherankan, cara membasmi tikus menjadi salah satu bahasan yang paling banyak dicari.

Bagian 1 | Berkenalan dengan Hama Tikus

A. Mengenal Jenis-Jenis Hama Pengerat

Hama pengerat sebenarnya tidak terbatas pada tikus saja. Ada beberapa jenis hama pengerat yang kerap mengganggu kenyamanan. Ciri fisik dan karakteristik juga berbeda. Karena itu, sebelum mulai beralih ke bahasan cara membasmi tikus di rumah, yuk kenalan dulu dengan jenis-jenis hama pengerat.

1. Rat

Tikus jenis rat memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk jenis norway rat, badannya cenderung tambun dan berat, moncongnya tumpul, telinganya pendek dengan rambut hitam. Bulunya berwarna coklat dengan nuansa hitam. Ekornya berwarna gelap di bagian atas dan semakin memucat di bagian bawah.

pengusir tikus
Untuk jenis roof rat, badannya lebih ramping dan ringan dengan moncong yang mancung. Telinganya besar dan tidak memiliki rambut. Badan roof rat berwarna abu-abu dengan nuansa hitam dan ekor berwarna gelap. Kalau bicara soal cara membasmi tikus di rumah, biasanya tikus jenis inilah yang dirasa paling mengganggu.

2. Mice

Jika ingin tahu cara menghilangkan tikus di rumah, Anda juga harus tahu ciri-ciri mice. Berbeda dengan rat, mice memiliki ukuran yang lebih kecil. Untuk jenis house mice sendiri, kepalanya kecil, moncongnya mancung dan telinganya besar dengan sedikit rambut.

Mice memiliki bulu berwarna coklat muda dengan nuansa abu-abu. Selain itu, mice punya ekor berwarna gelap.

B. Dimana Tikus Tinggal

Apapun cara membasmi tikus yang Anda coba, semua itu tidak akan banyak membantu jika Anda tidak tahu di mana bisa menemukan mereka. Perlu diketahui juga, rat dan mice memiliki habitat yang berbeda.

Biasanya mice membangun sarang di tempat yang tersembunyi namun dekat dengan sumber makanannya. Area tempat tinggal mereka biasanya di indoor. Itulah kenapa mice sering dijumpai di dapur.

Sebaliknya, rat lebih suka membangun sarang di bawah bangunan atau menggali tanah di bawah tanaman. Tidak jarang, rat juga bisa ditemukan di sekitar pagar rumah. Jadi kalau ingin tahu cara membasmi tikus di rumah, Anda juga harus tahu bagaimana cara menemukan tikus.

C. Berapa Lama Tikus Bisa Bertahan Hidup

Cara menghilangkan tikus di rumah memang cukup sulit. Karena itu, tidak sedikit orang yang memilih untuk membiarkan tikus bersarang dan berharap mereka segera mati. Tapi pertanyaannya sekarang, berapa lama tikus bisa bertahan hidup?

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti. Semua tergantung pada spesies, lingkungan dan beberapa hal lainnya. Dalam kondisi ideal, tikus bisa bertahan hidup hingga 4 tahun. Namun realitanya, mayoritas tikus tidak pernah hidup lebih dari 2-3 tahun. Bahkan banyak tikus yang hanya berumur kurang dari 1 tahun.

Setelah melihat fakta tersebut, mungkin banyak yang menilai kalau cara membasmi tikus di rumah tidak begitu penting. Namun perlu diingat, dalam kurun waktu tersebut tikus biasanya sudah berkembang biak dalam jumlah besar. Itulah kenapa Anda tetap harus tahu bagaimana cara menghilangkan tikus di rumah.

D. Penyebab Adanya Tikus

Secara garis besar, cara membasmi tikus di rumah bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni mencegah dan mengusir. Dibandingkan cara menghilangkan tikus, mencegah memang jauh lebih mudah. Namun untuk bisa melakukannya, Anda harus tahu dulu apa penyebab tikus masuk ke dalam rumah ataupun bangunan.

Setidaknya ada 3 hal yang membuat tikus masuk ke dalam rumah atau bangunan. Ketiga hal tersebut adalah:

  1. Keberadaan sumber makanan
  2. Adanya sumber air
  3. Terdapat shelter atau tempat bagi tikus untuk berlindung

E. Dampak Adanya Tikus

Jika dibiarkan, hama tikus bisa sangat merugikan. Tikus bisa membawa berbagai penyakit yang mengancam kesehatan. Untuk pemilik bisnis terutama perhotelan dan restoran, hama tikus juga bisa mengganggu bisnis. Bahkan membuat omzet bisnis bisa menurun hanya karena ada pelanggan yang merasa terganggu dengan penampakan tikus.


Bagian 2 | Panduan Cara Membasmi Tikus

A. Cara Membasmi Tikus di Rumah atau Apartemen

Antara cara menghilangkan tikus di rumah dengan cara membasmi tikus di apartemen sebenarnya ada beberapa perbedaan. Di rumah pribadi, Anda memiliki kuasa penuh atas apa yang bisa dilakukan di dalam rumah. Hal tersebut berbeda dengan apartemen di mana ada banyak orang yang tinggal dalam bangunan yang sama.

Di rumah, Anda bisa langsung mengaplikasikan cara membasmi tikus, seperti memasang perangkap tikus di tempat-tempat yang dinilai sering dilewati atau menjadi sarang tikus. Anda juga bisa memanggil tenaga profesional untuk membantu mengusir tikus.

Sebaliknya, di apartemen Anda tidak memiliki kuasa sebesar itu. Karena itu, Anda tidak bisa langsung mengaplikasikan cara menghilangkan tikus di rumah. Jika ditemukan masalah tikus di apartemen, orang-orang yang tinggi di bangunan yang sama biasanya juga memiliki masalah yang sama. Dalam hal ini, Anda bisa meminta bantuan tuan tanah untuk membantu mengakomodasi pengusiran tikus.

B. Cara Membasmi Tikus di Perkantoran

Tikus punya kebiasaan membangun tempat berlindung di dekat sumber makanannya. Karena itu, biasanya tikus di perkantoran lebih sering dijumpai di pantry. Namun karena ada banyak barang dan ada banyak orang yang ada di kantor, Anda tidak mungkin bisa mengaplikasikan cara membasmi tikus sendiri dan mengusir tikus sendirian. Dalam hal ini, akan lebih baik jika Anda melaporkannya kepada pihak yang memang berwenang di dalam kantor.

Solusi atau cara membasmi tikus terbaik adalah dengan memanggil tenaga ahli. Jasa pembasmi hama tikus akan menilai situasi dan mencari solusi yang paling cocok untuk mengusir tikus yang tinggal di area perkantoran. Namun jika masalah hama tikus masih belum serius, memasang perangkap tikus biasanya sudah cukup.

C. Cara Membasmi Tikus di Perhotelan

Jika dilihat sekilas, cara membasmi tikus mungkin terlihat sama saja. Entah itu cara menghilangkan tikus di rumah atau di perhotelan, semua terlihat tidak ada bedanya. Namun sebagai catatan, lingkungan yang berbeda juga membutuhkan strategi yang berbeda. Di perhotelan, Anda juga harus mempertimbangkan kenyamanan tamu hotel.

Di hotel, mengusir tikus harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Sebelum mulai memasang jebakan, penting untuk mencari tahu di mana tikus sering terlihat dan memperkirakan lokasi sarangnya berada.

Jika memungkinkan, penggunaan racun sebaiknya dihindari. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bau bangkai tikus yang bisa saja tercium oleh tamu hotel.

D. Cara Membasmi Tikus di Restoran

Dapur restoran bisa menjadi tempat ideal bagi tikus untuk bersarang. Banyaknya sumber makanan membuat tikus suka membangun sarang di sini.

Mengusir tikus di restoran biasanya dilakukan dengan menutup akses tikus ke sumber makanan dengan mengamankan bahan-bahan makanan dan menjauhkan sampah makanan dari restoran. Sedangkan untuk cara menghilangkan tikus sendiri, ini bisa dilakukan dengan memasang jebakan. Tentu saja, cara membasmi tikus baru akan ditentukan setelah melihat situasi di lapangan.


Bagian 3 | 8 Tips Mencegah Tikus

Cara membasmi tikus di rumah memang gampang-gampang susah. Meski begitu, bukan berarti tidak ada jalan. Agar tikus tidak berkembang dan semakin mengganggu, berikut tips yang bisa Anda coba.

1. Tutup semua lubang atau celah yang bisa dilewati tikus

Tikus dapat masuk melalui lubang atau celah sempit. Karena itu sebelum memikirkan cara membasmi tikus di rumah yang rumit, mulailah dengan menutup semua lubang dan celah yang mungkin bisa dilewati tikus.

Saat menutup lubang dan celah, pilihlah bahan yang sesuai. Misalnya untuk menutup lubang yang mengarah ke luar bangunan, Anda bisa menutupnya dengan menggunakan semen. Namun untuk lubang atau celah yang ada di dalam bangunan, sesuaikan material yang digunakan dengan kebutuhan.

2. Jangan beri makanan pada tikus

Tikus sangat cerdas dalam bertahan hidup. Mereka bisa menemukan makanan atau memakan apapun yang bisa dimakan agar bisa tetap hidup. Karena itu, selain fokus pada cara membasmi tikus di rumah, Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada sumber makanan di sekitar.

3. Bersihkan bangunan dan ruangan

Debu dan perabotan lama adalah tempat favorit tikus untuk membangun tempat perlindungan. Jadi agar tikus tidak bersarang, bersihkan bangunan dan ruangan secara berkala.

4. Potong ranting yang terlalu dekat dengan bangunan

Tikus bisa masuk lewat ranting yang menjalar dekat bangunan. Dengan memotong ranting yang terlalu panjang, hal ini bisa menghambat mereka sekaligus menjadi cara menghilangkan tikus di rumah yang cukup ampuh.

5. Pasang perangkap di dalam bangunan

Meski sudah melakukan beberapa langkah pencegahan, Anda juga harus mempersiapkan diri dengan kemungkinan terburuk. Karena itulah, jangan lupa untuk memasang perangkap di dalam bangunan.

Salah satu kunci sukses cara membasmi tikus di rumah adalah memilih perangkap yang tepat. Karena itu, pilihlah jenis perangkap yang sesuai dengan situasi dan masalah tikus yang tengah dihadapi.

6. Gunakan umpan dan racun di luar bangunan

Perangkap dipasang di dalam bangunan. Sedangkan untuk di luar ruangan, Anda bisa menggunakan umpan dan racun. Dengan cara menghilangkan tikus yang satu ini, Anda bisa meminimalisir tikus yang masuk ke dalam bangunan.

7. Cek lingkungan sekitar dan tetangga sebelah

Selain menjaga kawasan sendiri, periksa juga lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar memiliki masalah hama tikus, masalah tersebut biasanya akan menjalar dan menyebar. Itulah kenapa butuh kerjasama untuk menerapkan cara membasmi tikus di rumah.

8. Panggil tenaga profesional

Jika masalah hama tikus sudah cukup serius dan semua cara menghilangkan tikus di rumah sudah dilakukan, ada baiknya Anda memanggil tenaga profesional. Mereka tahu apa yang sebaiknya dilakukan. Selain memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman, tenaga pembasmi tikus profesional juga memiliki perlengkapan yang lebih memadai.


Bagian 4 | Strategic Pestcontrol Akurat Tangani Hama Tikus

A. Tentang Strategic Pestcontrol

Untuk mengusir hama tikus dari dalam rumah, tips tentang bagaimana cara menghilangkan tikus di rumah yang bisa ditemukan di internet mungkin sudah cukup. Meski demikian, Anda perlu meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mencoba cara menghilangkan tikus yang sudah ditemukan.

Strategic Pestcontrol merupakan pengendali hama profesional dan bersertifikasi. Kami hadir untuk membantu mengusir hama, baik hama tikus, hama serangga atau hama jenis lainnya dari kawasan perumahan, perkantoran, perhotelan, restoran ataupun industri. Dengan pengalaman selama lebih dari 14 tahun, kami akan membantu mengusir hama tikus dengan cara yang paling efektif.

cara mengusir curut

Selain menyediakan layanan pengendalian hama, kami juga menyediakan layanan desinfeksi virus corona dan peralatan pengendali hama. Jika masalah hama yang dihadapi masih sederhana dan bisa ditangani sendiri, Anda bisa menerapkan cara membasmi tikus di rumah dengan peralatan yang kami sediakan.

B. Kenapa Memilih Strategic Pestcontrol

Selain berpengalaman dalam mengusir dan mengendalikan hama, kami juga memiliki standar operasional yang terbukti efektif membasmi hama. Berikut alasan kenapa kami layak untuk dipercaya.

1. Total Inclusion Service Level

Kebijakan TOTAL INCLUSION SERVICE LEVEL memungkinkan satu pelaporan kepada personil SPC langsung diketahui oleh seluruh jajaran. Dengan kebijakan tersebut, masalah hama dapat diidentifikasi dan ditangani lebih cepat.

2. Active Ingredients

Cara membasmi tikus di rumah yang kami gunakan dirancang dengan pendekatan yang lebih mendalam. Obat pengendali kami diracik dengan active ingredients khusus sehingga hama dapat terkendali hingga 90%.

cara ampuh mengusir tikus

3. Peralatan dengan Grade Industri

Strategic Pestcontrol bekerja dengan peralatan yang lengkap dan berteknologi canggih. Dengan sumber daya tersebut, kami mampu mengaplikasikan cara menghilangkan tikus dengan lebih efektif.

4. Memenuhi Semua Regulasi (ISO, GMP, dan Health Regulation)

Layanan kami telah memenuhi semua standar yang dibutuhkan. Mulai dari standar regulasi ISO, Good Manufacturing Practice (GMP) dan Health Regulation, semua menunjukkan keseriusan kami dalam mengatasi hama tikus.

C. 4 Cara Menghilangkan Tikus oleh Strategic Pestcontrol

1. Prevention

Kami menilai semua faktor lingkungan untuk mengidentifikasi kondisi dan situasi sebelum menentukan solusi atau cara membasmi tikus yang akan digunakan.

2. Exclusion

Kami selalu menyesuaikan cara membasmi tikus berdasarkan penilaian fisik. Selain mengusir hama tikus, kami juga menggunakan teknik pengucilan, jebakan, menutup akses lubang agar tikus tidak masuk ke rumah atau bangunan bisnis Anda.z

cara usir tikus

3. Sanitation

Pembersihan dan perawatan non-kimia selalu menjadi prioritas cara menghilangkan tikus yang kami gunakan. Hal ini kami lakukan untuk mencegah hama tikus agar tidak berkembang lebih jauh lagi sekaligus meminimalisir kerusakan yang tidak diperlukan.

4. Treatment

Teknisi kami menggunakan cara menghilangkan tikus yang efektif, alat terbaru dan bahan kimia yang telah diramu sedemikian rupa. Semua itu dilakukan untuk mengendalikan populasi hama dan memastikan masalah benar-benar teratasi.


Penutup

Setelah mengetahui cara menghilangkan tikus di rumah, kini Anda bisa menentukan sendiri langkah apa saja yang bisa diterapkan. Meski demikian, masalah hama tikus mungkin bisa berkembang di luar kapasitas. Jika ini yang terjadi, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan Strategic Pestcontrol dan mendapatkan solusi komprehensif dan cara membasmi tikus yang terbukti efektif mengatasi masalah.

Hubungi Strategic Pestcontrol penyedia jasa pest control terpercaya di Jakarta dan atasi masalah tikus yang mengganggu sekarang juga. Tersedia layanan konsultasi gratis dan dapatkan fasilitas survey gratis dari Strategic Pestcontrol. Info lebih lanjut klik disini: Whatsapp.