Article

Mudah! Begini Cara Membasmi Kutu Kasur yang Benar

kutu kasur

Ancaman kutu kasur mungkin terlihat tidak lebih serius dari masalah yang bisa ditimbulkan oleh nyamuk. Namun sama halnya dengan nyamuk, kutu kasur bisa menghisap darah dan membuat tubuh terasa gatal. Masalah ini tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan mengetahui cara membasmi kutu kasur, Anda bisa menghindari risiko terburuk.

Apa Penyebab Kasur Ada Banyak Kutunya

penyebab kutu kasur

Kutu kasur atau tungau memang suka menghuni tempat tidur. Bagi mereka, tempat tidur adalah tempat paling nyaman untuk tumbuh dan berkembang biak. Tentu saja ini bisa menjadi masalah bagi manusia. Masalahnya, apa sebenarnya yang membuat kasur ada banyak kutunya?

Pada dasarnya kutu kasur suka dengan tempat yang lembab. Mereka juga suka dengan bau keringat. Itulah kenapa kutu jenis ini banyak dijumpai di kasur yang jarang dibersihkan dan dijemur. Selain itu, kebiasaan menumpuk pakaian kotor di atas kasur juga bisa menyebabkan kutu kasur tumbuh dan berkembang.

Kutu kasur juga bisa menyebar dari satu tempat ke tempat lain. Saat Anda duduk atau tiduran di tempat yang ada kutunya, bisa jadi ada beberapa dari mereka yang menumpang dan pindah ke hunian Anda.

Dalam artikel ini kita akan membahas cara membasmi kutu kasur dengan mudah.

5 Cara Menghilangkan Kutu Kasur

Keberadaan kutu kasur jelas sangat mengganggu. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara membasmi kutu kasur. Berikut beberapa cara membasmi kutu kasur yang bisa mulai Anda terapkan.

1. Menjemur kasur

Kutu kasur suka dengan kelembaban. Karena itu, salah satu cara membasmi kutu kasur adalah dengan mengurangi tingkat kelembaban kasur dengan cara menjemurnya.

Selain menjemur kasur, jangan lupa juga untuk menjemur bantal, guling dan selimut di bawah sinar matahari. Seiring dengan hilangnya kelembaban dan suhu yang semakin meningkat, kutu kasur akan pergi dengan sendirinya.

2. Penguapan di beberapa sisi kasur

Metode penguapan terbilang efektif sebagai salah satu cara membasmi kutu kasur. Dengan memanfaatkan hawa panas yang dikeluarkan, kutu yang menempel di kasur bisa dibasmi tanpa tersisa.

Untuk melakukan metode penguapan, Anda bisa menggunakan ketel listrik. Alat ini terbilang praktis dan mudah digunakan. Tambahkan juga selang kecil untuk mengusir kutu yang bersembunyi di sela-sela jahitan kasur.

3. Gunakan silica gel

Silika gel kerap digunakan untuk membantu menyerap kelembaban. Namun pemanfaatan silika gel sebenarnya tidak terbatas pada itu saja. Anda bisa menggunakan silica gel menajadi cara membasmi kutu kasur, namun bagaimana caranya?

Anda cukup menaburkan silika gel ke seluruh permukaan kasur dan kamar. Letakkan di tempat yang sekiranya menjadi sarang kutu kasur. Bagi kutu kasur, silika gel ibarat racun yang mematikan. Saat tubuh kutu kasur terkena silika gel, mereka akan mati dengan sendirinya.

4. Campuran garam dan air

Jika Anda mencari cara membasmi kutu kasur yang simpel dan praktis, cara yang satu ini layak untuk dicoba. Anda bahkan bisa menemukan bahan-bahannya di dapur.

Campurkan garam dan air kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan cairan tersebut ke tempat kutu kasur bersarang. Campuran garam dan air terbukti ampuh untuk mengusir kutu kasur. Namun agar kutu kasur hilang secara tuntas, Anda mungkin perlu melakukan cara ini beberapa kali.

5. Semprot dengan cuka

Selain murah, cuka terbilang mudah untuk diperoleh. Menariknya lagi, cuka juga bisa menjadi cara membasmi kutu kasur yang cukup efektif. Masukkan cuka ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan cuka ke sarang kutu kasur.

Cara ini cukup efektif untuk mengusir kutu kasur. Untuk memastikan tidak ada kutu kasur yang tertinggal, semprot kasur dengan cuka secara berkala. Setidaknya, lakukan ini sampai tidak ada lagi kutu yang ditemukan di kasur.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Basmi Kutu Bersama Strategic Pest Control, Kutu Tidak Balik Lagi

Selama kutu kasur belum berkembang menjadi masalah serius, Anda bisa mengatasinya sendiri. Membasmi kutu kasur di atas masih efektif dan ampuh untuk basmi kutu kasur yang menempel. Namun jika masalahnya sudah berkembang menjadi lebih serius, bantuan tenaga profesional akan sangat dibutuhkan.

Strategic Pest Control (SPC) merupakan penyedia jasa pembasmi hama profesional. Selama lebih dari 14 tahun, kami telah membantu banyak klien dari masalah hama mengganggu, termasuk hama kutu kasur.

Anda memiliki masalah dengan kutu kasur dan ingin konsultasi terlebih dahulu? Segera hubungi kami di sini.