Article

Bahan Rumahan ini Jadi Pengusir Nyamuk Alami Paling Ampuh

Pengusir nyamuk alami

Nyamuk bisa menjadi ancaman nyata. Beberapa jenis nyamuk bahkan bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria. Tentu saja, selalu ada cara untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Pengusir nyamuk alami juga bisa menjadi solusi untuk jauhkan nyamuk dari orang-orang yang dikasihi.

Penyebab Lingkungan Ada Banyak Nyamuk

Banyak nyamuk

Di musim hujan seperti sekarang, populasi nyamuk biasanya akan meledak. Ancaman demam berdarah meningkat dan berbagai upaya pencegahan semakin digalakkan. Kemudian muncul satu pertanyaan yang paling mendasar. Sebenarnya apa yang menyebabkan lingkungan ada banyak nyamuk?

1. Banyak genangan air

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cuaca punya peran dalam meningkatnya populasi nyamuk. Saat musim hujan, genangan air semakin banyak bertebaran. Genangan air sendiri menjadi salah satu tempat ideal untuk nyamuk berkembang biak. Jadi tidak mengherankan, nyamuk biasanya semakin banyak di musim hujan.

2. Banyak tumpukan barang

Tumpukan barang bisa menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk tinggal dan berkembang biak, terlebih jika tempatnya minim pencahayaan dan kotor. Itulah kenapa tempat yang banyak tumpukan barangnya umumnya juga banyak nyamuknya.

3. Tanaman liar

Tempat yang banyak tanaman liar biasanya juga banyak nyamuknya. Sebut saja seperti kebun atau bahkan lapangan yang tak terurus. Bagi nyamuk, tempat yang banyak tanaman liarnya adalah tempat yang aman untuk tinggal.

4. Tumpukan sampah

Sampah tidak hanya mengeluarkan bisa bau tidak sedap. Bagi nyamuk, tumpukan sampah juga merupakan tempat ideal untuk berkembang biak. Jadi agar lingkungan tidak banyak nyamuknya, pastikan tidak ada sampah yang menumpuk di sekitarnya.

5. Kurangnya penerangan

Nyamuk suka sekali dengan tempat-tempat gelap dan kurang mendapat paparan sinar matahari. Bagi nyamuk, tempat-tempat seperti ini bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman sekaligus ideal untuk berkembang biak.

Bahan-Bahan Pengusir Nyamuk Alami

cara alami mengusir nyamuk

Mengusir nyamuk sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Tidak harus selalu dengan racun atau bahan kimia, nyamuk juga bisa diusir dengan bahan-bahan yang mungkin Anda pun bisa menemukannya di dapur ataupun di pekarangan rumah. Berikut beberapa pengusir nyamuk alami.

1. Kayu Manis

Selain bisa digunakan sebagai bumbu masakan, kayu manis juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk alami. Kayu manis bisa membunuh telur nyamuk. Tidak hanya itu, semprotan kayu manis ke sekitar rumah atau ke kulit juga bisa mencegah gigitan nyamuk.

2. Serai Wangi

Tanaman yang satu ini sebenarnya sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk. Wanginya segar bagi manusia. Namun bagi nyamuk, serai wangi justru sangat dibenci. Itulah kenapa hunian yang punya banyak tanaman serai wangi umumnya jarang punya masalah dengan nyamuk.

3. Kedelai

Mungkin ini terdengar aneh. Bagaimana bisa kedelai jadi solusi pengusir nyamuk alami? Menurut sebuah penelitian, campuran minyak kedelai dan minyak serai ampuh untuk membasmi nyamuk. Selama tidak memiliki alergi dengan kedelai arau sera, Anda bisa mengoleskannya ke kulit untuk mencegah gigitan nyamuk.

4. Mint

Aroma daun mint yang menyegarkan juga tidak disukai nyamuk. Itulah kenapa beberapa produk pengusir nyamuk menggunakan mint dalam komposisinya. Untuk mengusir nyamuk, sebaiknya gunakan ekstrak minyak daun mint. Karena sudah berbentuk ekstrak, kemampuannya sebagai pengusir nyamuk alami juga jauh lebih ampuh.

5. Kemangi

Selain sebagai lalapan, kemangi juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Minyak esensial dari kemangi bahkan dikenal beracun untuk larva nyamuk. Tidak hanya itu, aroma kemangi yang tajam juga bisa mengusir hama jenis lain.

Manfaat Menggunakan Pengusir Nyamuk Alami

Pengusir nyamuk alami dapat menjadi alternatif. Selain mudah didapat dan harga relatif murah, pengusir nyamuk alami juga aman bagi kesehatan terutama jangka panjang. Selain itu, pengusir nyamuk alami dapat meminimalisir resiko tubuh terkontaminasi zat-zat berbaya dari pengusir nyamuk komersil yang dapat dibeli secara bebas.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Jika Pengsusir Nyamuk Alami Tidak Lagi Efektif

penyakit yang disebabkan oleh nyamuk

Nyamuk tidak boleh didiamkan begitu saja. Jika sampai berkembang, ancaman yang bisa ditimbulkan akan semakin besar. Bahkan untuk nyamuk biasa saja, gigitannya terasa mengganggu. Belum lagi gigitan nyamuk jenis lain yang lebih berbahaya seperti aedes aegypti.

Masalah nyamuk yang tidak segera diatasi biasanya tidak lagi bisa ditangani dengan cara-cara sederhana. Pengusir nyamuk alami juga akan kehilangan keampuhannya. Dalam situasi seperti ini, Anda butuh bantuan dari sang ahli.

Strategic Pest Control (SPC) merupakan pembasmi hama profesional. Jika Anda butuh bantuan untuk membasmi nyamuk, segera Strategic Pest Control (SPC) di sini.