Article

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Sederhana Di Rumah

Cara mengusir tikus

Tikus selalu menjadi momok hama merepotkan. Bukan cuma merusak panen, tikus juga bisa masuk ke dalam rumah dan mengganggu kenyamanan penghuninya. Sayangnya meski sudah mencoba berbagai macam cara mengusir tikus, hama yang satu ini seakan tidak bisa dihilangkan sepenuhnya. Kalaupun sempat menghilang, semua itu hanya sementara.

Penyebab Tikus Masuk Rumah

Penyebab tikus masuk

Tikus pada dasarnya masuk ke dalam rumah untuk mencari tempat berlindung dan makanan. Jadi jika rumah ada banyak tikus, coba perhatikan lagi. Mungkin ini penyebabnya.

1. Ada sumber makanan

Sebenarnya tikus bukan termasuk binatang yang pilih-pilih makanan. Mereka akan memakan apapun yang bisa dimakan. Entah itu sayuran, daging atau susu, semua bisa jadi incaran. Selama itu bisa dimakan, tikus pasti akan memakannya. Jika rumah Anda banyak tikusnya, bisa jadi itu karena ada banyak sumber makanan di sekitarnya.

2. Ada sumber air

Tikus juga membutuhkan air untuk hidup. Itulah kenapa rumah yang dekat dengan sumber air umumnya menjadi tujuan tikus untuk menghuni.

3. Ada tempat berlindung

Selain mencari makanan, tikus masuk ke dalam rumah untuk mencari tempat perlindungan. Rumah yang punya loteng atau gudang bisa menjadi sasaran empuk. Meski demikian, tikus juga bisa membangun sarangnya sendiri dengan memanfaatkan puing-puing yang ada di sekitarnya.

5 Cara Mengusir Tikus dari Rumah

cara membasmi tikus

Orang umumnya suka menggunakan racun atau jebakan untuk mengusir tikus. Cara mengusir tikus dengan racun juga terbilang mudah. Begitu juga dengan jebakan. Namun jika Anda tidak memiliki keduanya, sebenarnya ada juga cara mengusir tikus yang lebih sederhana.

1. Menggunakan bubuk kopi

Rasanya hampir setiap rumah memiliki stok kopi. Tapi tahukah Anda kalau bubuk kopi ternyata juga bisa menjadi cara mengusir tikus yang cukup ampuh?

Tikus sebenarnya tidak menyukai bubuk kopi. Saat terkena kopi, hidung tikus akan mengalami iritasi. Itulah kenapa tikus umumnya menjauhi tempat-tempat beraroma kopi.

2. Lada

Bagi manusia lada memang biasa saja. Bumbu masakan yang satu ini bahkan kerap dijadikan sebagai tambahan penyedap rasa. Menariknya, ternyata lada juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Cara mengusir tikus yang satu ini juga terbilang ampuh.

Lada mengandung bahan kimia piperin. Sebagai informasi, piperin ini beracun bagi tikus. Selain mengganggu pernafasan tikus, lada juga bisa menyakiti tikus.

3. Merica

Mirip seperti lada, merica juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Bumbu dapur yang satu ini bisa membuat hidung tikus terasa tidak nyaman. Jadi jika rumah banyak tikusnya, Anda cukup taburkan bubuk merica ke area yang kerap dilalui tikus.

4. Cangkang Telur

Siapa sangka kalau cangkang telur yang sering dianggap limbah bisa jadi cara mengusir tikus yang cukup ampuh. Tapi untuk mengusir tikus, Anda tidak bisa hanya sekedar meletakkannya saja. Cangkang telur perlu dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu barulah bubuk cangkang telur ditaburkan ke area-area yang sering dilalui tikus.

Selain bisa digunakan untuk mengusir tikus, bubuk cangkang telur juga bisa digunakan untuk mengusir semut dan kecoa.

5. Soda Kue

Soda kue memang tidak berbahaya bagi manusia. Namun bagi tikus, bahan dapur yang satu ini bisa mengacaukan sistem pencernaannya.

Soda kue dapat memicu gas lambung pada tikus. Saat masuk ke dalam tubuh tikus, soda kue akan membuat perutnya kembung hingga sulit buang air. Cara mengusir tikus dengan soda kue juga terbilang mudah. Anda cukup menaburkannya di tempat-tempat yang sering dilewati tikus.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Gunakan Jasa Profesional untuk Membasmi Tikus

Cara-cara di atas memang bisa membantu mengusir tikus. Selama masalahnya belum serius, solusi sederhana masih efektif untuk membasmi hama yang satu ini. Namun jika masalahnya sudah cukup serius, cara-cara biasa tidak lagi efektif. Anda butuh jasa profesional untuk membantu membasmi tikus.

Strategic Pest Control (SPC) merupakan penyedia jasa pembasmi hama profesional. Berbekal pengalaman panjang dalam membasmi hama, kami memahami bahwa solusi yang sama tidak selalu bisa digunakan untuk kasus yang berbeda. Bahkan meski jenis hamanya sama, Anda tetap butuh survei untuk meramu solusi yang paling efektif.

Jika Anda mencari jasa profesional untuk mengusir tikus, SPC bisa menjadi solusi yang tepat. Hubungi kami di sini untuk segera mendapatkan solusi basmi tikus.