Article

Rugi Karena Rayap? Gunakan Jasa Basmi Rayap Terpercaya

Jasa basmi rayap

Rayap, serangga yang satu ini memang punya ukuran yang kecil. Tapi jangan salah, dalam jumlah banyak daya rusaknya bisa sangat besar. Sayangnya, membasmi rayap bukan perkara yang mudah. Setidaknya Anda butuh jasa basmi rayap untuk mengeliminasi ancaman yang bisa ditimbulkan.

Meski demikian, ancaman rayap sebenarnya bisa dihindari. Namun sebelum itu, Anda memang harus lebih memahami karakter dari serangga yang satu ini.

Penyebab Rumah Banyak Rayap

Rumah banyak rayap

Ada rumah yang banyak rayap, ada juga rumah yang mungkin tidak memiliki masalah rayap sama sekali. Sekilas perbedaan antara rumah yang banyak rayap dengan yang tidak memang sulit dideteksi. Namun perlu diketahui, rayap tidak datang begitu saja. Ada penyebab yang membuat mereka menghuni rumah.

1. Kondisi rumah yang kotor

Kotoran bisa memancing banyak serangga untuk singgah, bahkan menetap di dalam rumah. Salah satunya adalah rayap. Serangga yang satu ini suka dengan rumah yang kotor. Di rumah yang tidak terurus, sangat mudah bagi rayap untuk membuat sarang.

2. Kurang aliran udara dan cahaya

Rayap sangat suka dengan tempat yang lembab. Kondisi rumah yang kurang aliran udara dan cahaya bisa menjadi tempat ideal bagi rayap untuk bersarang dan berkembang biak. Agar rayap tidak menghuni rumah Anda, pastikan setiap ruangan memiliki aliran udara yang baik dan cukup mendapat sinar matahari.

3. Memiliki banyak perabot kayu berkualitas rendah

Rayap pada dasarnya suka dengan perabot kayu, khususnya perabot kayu berkualitas rendah. Kualitas kayu yang rendah membuatnya menjadi sasaran empuk. Namun untuk jenis kayu tertentu seperti kayu jati, ulin, meranti dan bengkirai, rayap umumnya cenderung tidak begitu suka.

4. Kondisi tanah yang subur

Selain suka menghuni tempat yang lembap, rayap juga suka tinggal di tanah yang gembur dan subur. Jadi jika rumah Anda banyak rayap, ada kemungkinan rumah tersebut dibangun di atas tanah yang subur.

5. Ada banyak rongga di rumah

Rumah dengan banyak rongga umumnya lebih rentan terhadap rayap. Dari rongga-rongga inilah rayap bisa masuk ke dalam rumah. Entah itu rongga dari kayu, celah antar fondasi atau pipa ledeng, semua rongga yang ada bisa menjadi akses masuk bagi rayap.

Kerugian yang Bisa Disebabkan oleh Rayap

Kerugian karena rayap

Beberapa waktu yang lalu media mainstream dan media sosial sempat dihebohkan dengan kejadian yang cukup memilukan. Tabungan haji yang disimpan di dalam celengan habis dimakan rayap. Tidak tanggung-tanggung, jumlah kerugiannya mencapai lebih dari Rp 20 juta.

Selain menghancurkan perabot kayu, rayap memang sering memakan kertas. Entah itu buku atau uang kertas, semua tidak lepas dari ancaman rayap.

Semua bagian rumah yang terbuat dari kayu juga tidak luput dari serangan rayap. Sebut saja seperti daun pintu, jendela, bahkan rangka langit-langit. Selama terbuat dari bahan kayu berkualitas rendah, semua bisa rusak oleh rayap.

Meski ukurannya kecil, rayap memang bisa menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Menurut Ketua Umum Aspphami Boyke Arie Pahlevi, di Indonesia sendiri kerugian yang bisa ditimbulkan oleh rayap bisa mencapai Rp 2,8 triliun setiap tahunnya.

Selain kerugian materi, rayap juga bisa menimbulkan kerugian sosial. Lubang bekas rayap tentu bisa mengganggu pemandangan dan membuat hunian tampak tidak terurus. Jika ada yang melihat, orang bisa saja menganggap penghuninya tidak peduli atau tidak mau mengurus rumah.

Kerugian yang bisa ditimbulkan rapat memang nyata. Meski demikian, membasmi rayap juga bukan perkara yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Mendeteksi di mana rayap berada saja sudah cukup menyulitkan. Belum lagi membasminya hingga tuntas. Oleh karena itu, dibutuhkan jasa basmi rayap yang berpengalaman dan terpercaya.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Jasa Basmi Rayap Terpercaya

Saat ada indikasi rayap mulai merusak perabot kayu, sebaiknya Anda segera menghubungi jasa basmi rayap. Menghubungi tenaga profesional seperti jasa basmi rayap adalah solusi terbaik sekaligus termudah untuk membasmi rayap.

Meski demikian, sebaiknya Anda juga cermat dalam memilih jasa basmi rayap. Dalam hal ini, pilihlah jasa basmi rayap berpengalaman dengan reputasi bagus. Selain itu, pastikan biaya yang ditawarkan juga masih masuk akal.

Jika Anda membutuhkan jasa basmi rayap terpercaya, Strategic Pest Control (SPC) bisa menjadi jawabannya. Dengan pengalaman panjang dalam membasmi hama, SPC bisa memberikan solusi paling efektif untuk membasmi rayap hingga tuntas. Segera hubungi kami di sini.