Article

Covid-19 Naik Lagi? Begini Cara Menjaga Kesehatan agar Tidak Tertular

cara menjaga kesehatan

Setelah menerima vaksin dosis lengkap hingga vaksin booster, aktivitas masyarakat perlahan mulai kembali normal. Banyak dari mereka yang tidak lagi mengenakan masker. Tak ayal, tingkat penyebaran virus covid-19 pun kembali merangkak naik, bahkan membuat beberapa wilayah kembali ke zona merah. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menjaga kesehatan di tengah kondisi yang semakin memburuk?

Omicron XBB Picu Lonjakan Kasus Covid-19

omicorn xbb

Lonjakan kasus covid-19 sendiri tidak terlepas dari munculnya sub varian Omicron XBB yang mampu menyebar lebih cepat. Bahkan menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, puncak kasus covid-19 di Indonesia akan kembali terjadi sekitar bulan Desember ini.

Mengingat hal tersebut, masyarakat diminta untuk tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan. Suntik vaksin booster juga dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari ancaman virus covid-19.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Lonjakan Covid-19

lonjakan covid19

Munculnya sub varian Omicron XBB memang patut diwaspadai. Meski demikian, Anda tidak boleh terlalu takut. Agar tubuh semakin kuat terlindungi, berikut cara menjaga kesehatan di tengah pandemi.

1. Makan makanan bergizi seimbang

Makanan yang Anda konsumsi setiap hari punya andil besar pada cara menjaga kesehatan tubuh. Jika makanan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang, tubuh akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Akibatnya, tubuh pun jadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh di tengah gempuran sub varian Omicron XBB, memperbaiki menu makanan harian bisa menjadi cara menjaga kesehatan yang sangat ampuh. Pastikan menu harian Anda mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin hingga mineral.

Makanan bergizi sendiri tidak harus mahal. Ada banyak sayur dan buah yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Begitu juga dengan sumber nutrisi lain, seperti protein dan lemak. Anda bisa mendapatkannya dari telur, tahu atau tempe yang secara harga jelas jauh lebih murah jika dibandingkan dengan daging.

2. Olahraga secara rutin

Selain makan makanan bergizi seimbang, olahraga juga jadi bagian yang tak terpisahkan dalam rentetan cara menjaga kesehatan. Perlu diingat, kalori berlebih bisa menyebabkan penyakit. Melalui aktivitas fisik atau olahraga inilah tubuh membakar kalori berlebih.

Olahraga juga bagus untuk melatih kekuatan otot. Sebut saja seperti otot lengan dan otot kaki. Dengan rutin berolahraga, otot-otot tersebut jadi lebih kuat bahkan mampu mengerjakan pekerjaan yang lebih berat.

Bukan hanya otot anggota gerak saja yang berkembang. Saat Anda berolahraga, otot-otot lain seperti otot jantung juga semakin terlatih. Hasilnya, jantung pun jadi lebih kuat. Selain itu, rutin berolahraga juga bagus untuk meningkatkan daya tubuh dari ancaman penyakit, termasuk infeksi virus covid-19.

3. Istirahat yang cukup

Karena kesibukan dan tuntutan pekerjaan, sebagian orang seringkali mengabaikan waktu istirahat. Begadang seakan sudah menjadi rutinitas. Padahal tidur yang cukup sama pentingnya dengan komponen gaya hidup sehat lainnya.

Saat tidur, tubuh tidak hanya beristirahat. Proses perbaikan sel-sel dalam tubuh juga terjadi saat Anda tidur. Karena itu, orang yang cukup tidur biasanya bangun lebih segar. Kekebalan tubuh jadi lebih kuat, daya ingat meningkat dan nafsu makan pun cenderung lebih terkendali.

Tidur yang ideal harus bagus secara kuantitas maupun kualitas. Untuk orang dewasa, lama waktu tidur sebaiknya sekitar 8 jam atau sesuai kebutuhan tubuh. Selain itu, hindari hal-hal yang mampu mengurangi kualitas tidur, seperti cahaya yang terlalu terang hingga suara-suara yang dapat mengganggu waktu tidur Anda.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Basmi Virus dengan Jasa Profesional

Selain ketiga cara menjaga kesehatan yang telah dijabarkan sebelumnya, protokol kesehatan juga harus selalu dipatuhi. Mulai dari mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, rutin mencuci tangan hingga menghindari kerumunan, semua itu harus tetap dilakukan.

Cara menjaga kesehatan dan membasmi virus di area publik, perkantoran atau restoran, jasa profesional akan sangat membantu. Dalam hal ini, Anda bisa mempercayakannya pada Strategic Pestcontrol.

Strategic Pestcontrol merupakan jasa pembasmi hama profesional. Selain berpengalaman membasmi hama, kami juga berpengalaman dalam membasmi virus, seperti virus covid-19. Jadi jika Anda butuh tenaga profesional untuk membasmi virus, Anda bisa menghubungi kami di sini.