Article

5 Jenis Bau yang Tidak Disukai Tikus

bau yang tidak disukai tikus

Tikus, hama yang satu ini hampir selalu bisa dijumpai di berbagai tempat. Mulai di rumah hingga restoran, rasanya tidak ada satu tempat yang luput dari ancaman binatang pengerat yang satu ini. Meski demikian, tahukah Anda jika ada beberapa bau yang tidak disukai tikus? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini.

Tikus Suka Berada di Tempat yang Kotor

tempat kotor

Pada dasarnya tikus suka berada di tempat-tempat yang kotor, seperti tempat sampah dan selokan. Mereka kerap dijumpai di tempat-tempat seperti ini. Karena suka berada di tempat kotor, banyak kuman hingga virus yang kerap menumpang. Karena alasan ini jugalah, tikus sering menjadi pembawa penyakit.

Bayangkan jika ada banyak tikus di rumah. Selama bergerilya mencari makanan di dapur, pastinya mereka juga meninggalkan kuman dan virus pada beberapa bahan makanan yang disentuhnya.

Hal ini tentu bisa berbahaya. Jika bahan makanan yang telah terkontaminasi dikonsumsi dalam kondisi mentah atau tanpa dicuci, kuman dan virus bisa ikut masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh pun jadi terserang penyakit, seperti pneumonia, pes, tularemia, leptospirosis dan hantavirus.

Menyingkirkan Tikus Tidak Semudah yang Dibayangkan

menyingkirkan tikus

Melihat potensi ancamannya, semua orang tentu sepakat jika hama tikus harus diwaspadai. Jika tidak dibasmi, mereka bisa menyebarkan penyakit berbahaya. Akan tetapi, membasmi tikus ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Anda tidak bisa menyingkirkannya hanya dengan memasang jebakan tikus.

Selain itu, tikus juga memiliki kemampuan untuk belajar. Mereka bisa belajar agar terhindar dari jebakan. Karena itulah, cara yang sama tidak akan bekerja sama efektifnya.

5 Bau yang Tidak Disukai Tikus

bau yang tidak disukai

Sebenarnya memasang jebakan bukanlah satu-satunya cara untuk mengusir tikus. Sebagai informasi, ada beberapa bau yang tidak disukai tikus. Anda bisa memanfaatkan ini untuk mengusir hama tikus. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 bau yang tidak disukai tikus.

1. Kayu Putih

Siapa sangka kalau minyak kayu putih yang biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi ternyata memiliki bau yang tidak disukai tikus. Tikus biasanya akan menghindari tempat yang beraroma kayu putih. Jadi agar tikus tidak merusak bahan makanan di rumah, Anda bisa menyemprotkan minyak kayu putih di sekitar area dapur.

2. Bawang Putih

Hampir setiap rumah tangga pasti memiliki persediaan bawang putih di dapur. Tapi tahukah Anda jika tikus ternyata tidak suka dengan bau bawang putih? Aroma bawang putih yang kuat bisa membuat tikus merasa tidak nyaman. Itulah kenapa tikus tidak pernah menyentuh bahan makanan yang berada di dekat tempat bumbu yang berisi bawang putih.

3. Bubuk Kopi

Kopi dikenal memiliki aroma yang kuat, terlebih kopi segar yang baru saja digiling. Aroma kopi yang kuat ternyata tidak disukai tikus. Jika Anda ingin mengusir tikus dengan cara alami, Anda bisa menaburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang sering dilewati tikus.

4. Bubuk Cabai

Sama halnya dengan manusia atau binatang lainnya, bubuk cabai bisa mengiritasi saluran pernafasan tikus. Namun karena indra penciuman tikus yang tajam, efek yang ditimbulkan bisa lebih serius.

Jika ingin mengusir tikus, Anda bisa menggunakan bubuk cabai. Taburkan saja bubuk cabai di area dapur, khususnya di tempat yang sering dilewati tikus.

5. Minyak Peppermint

Selain bisa menyegarkan ruangan, minyak peppermint juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengusir tikus. Aroma minyak yang satu ini tidak disukai tikus dan bisa mengganggu indra penciumannya yang tajam. Sama halnya dengan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya, minyak peppermint juga aman untuk manusia.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Basmi Tikus Hingga Tuntas dengan Tenaga Profesional

Kelima bahan yang disebutkan di atas memiliki bau yang tidak disukai tikus. Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa menggunakannya. Namun saat cara biasa tidak lagi efektif, inilah saatnya Anda meminta bantuan dari tenaga profesional.

Strategic Pestcontrol (SPC) merupakan penyedia jasa pembasmi hama berpengalaman. Kami bergelut dalam industri pembasmi hama sejak tahun 2008 dengan lebih dari 500 klien yang telah kami layani. Butuh konsultasi terlebih dahulu? Jangan ragu, segera hubungi kami di sini.