Article

Hati-Hati, Musim Hujan Sebabkan Banyak Nyamuk!

musim hujan banyak nyamuk

Sebagian besar wilayah di Indonesia kini sudah memasuki musim hujan. Hujan sendiri sering dimaknai sebagai sebuah berkah. Namun harus diakui, musim hujan banyak nyamuk juga menjadi ancaman penyakit. Ancaman penyakit demam berdarah pun mulai menghantui.

Kondisi seperti ini jelas perlu diwaspadai. Atas dasar ini jugalah, masyarakat harus lebih aware dan aktif mengambil langkah antisipasi.

Musim Hujan Tiba, Serbuan Nyamuk Datang Melanda

musim hujan banyak nyamuk

Nyamuk tidak datang secara tiba-tiba. Polanya hampir selalu sama dengan penyebab yang tidak banyak mengalami perubahan setiap tahunnya. Musim hujan banyak nyamuk sudah menjadi hal lumrah di Indonesia

Sedikitnya ada 6 penyebab musim hujan banyak nyamuk. Sebut saja seperti banyaknya genangan air, tumpukan sampah, tumpukan barang, tanaman liar di sekitar area tempat tinggal, banyaknya lubang di rumah hingga cuaca yang sangat ideal bagi nyamuk untuk kawin.

Meningkatnya jumlah nyamuk tentu tidak boleh dipandang sebelah mata. Meski tidak semua nyamuk tersebut mengancam nyawa, ada nyamuk aedes aegypti yang hingga kini kerap menebar teror penyakit demam berdarah.

Tips Bebaskan Area Rumah dan Bisnis dari Nyamuk

Musim hujan banyak nyamuk

Musim hujan banyak nyamuk, fakta tersebut memang tidak bisa dibantah lagi. Meski demikian, berpasrah diri bukanlah satu-satunya opsi. Ada beberapa cara untuk bantu menekan populasi nyamuk dan ancaman mereka bawa. Agar rumah dan area bisnis bebas dari nyamuk, berikut tipsnya.

1. Cek genangan air

Nyamuk suka berkembang biak dalam air. Entah itu dalam bak mandi, bak penampungan air ataupun genangan air, tidak sulit untuk menemukan jentik-jentik nyamuk di tempat-tempat tersebut.

Jika itu adalah bak mandi atau bak penampungan air, Anda bisa mengantisipasinya dengan rutin membersihkan bak. Masalahnya adalah genangan air. Anda mungkin bisa mengabaikan genangan air yang ada di atas tanah. Namun untuk genangan di pot, vas hingga talang air, butuh usaha ekstra untuk menyingkirkan jentik-jentik yang mungkin ada di sana.

Jentik-jentik di pot dan sejenisnya harus dicek. Buang genangan air jika memungkinkan. Namun kalau genangan air itu dibutuhkan atau tidak bisa dibuang begitu saja, Anda bisa menambahkan insektisida.

2. Bersihkan area rumah atau bisnis dari tanaman liar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab musim hujan banyak nyamuk adalah tanaman liar. Hujan dan tanaman liar adalah kombo yang harus diwaspadai. Untuk mencegah nyamuk bersarang, tanaman liar di sekitar rumah atau area bisnis harus segera dibasmi.

Sebagai informasi, nyamuk suka bersembunyi di tempat yang rimbun seperti di semak-semak atau tempat yang banyak tanamannya. Di tempat ini jugalah nyamuk berteduh dari teriknya matahari.

Dengan membersihkan area rumah atau bisnis dari tanaman liar, nyamuk tidak akan punya tempat untuk bersembunyi. Sebagai naluri, mereka pun akan pindah ke tempat lain yang lebih rimbun.

3. Tanam tanaman pengusir nyamuk

Ada beberapa jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk karena aroma yang dikeluarkannya. Jadi untuk membantu mengusir nyamuk, Anda bisa menanam tanaman tersebut.

Beberapa jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk diantaranya adalah serai, rosemary, pelargonium dan marigold. Tanaman-tanaman tersebut mampu mengeluarkan aroma yang tidak disukai serangga, termasuk nyamuk. Musim hujan banyak nyamuk tidak berlaku untuk Anda yang memiliki tumbuhan tersebut. Selain mampu mengusir nyamuk, tanaman-tanaman tersebut juga bisa memperindah tempat tinggal atau dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

4. Tutup jendela dan pintu

Selama Anda menjaga kebersihan rumah atau area bisnis, musim hujan banyak nyamuk hanya akan menjadi cerita lama. Namun perlu diingat, ancaman nyamuk juga bisa datang dari luar rumah.

Anda bisa mengantisipasi musim hujan banyak nyamuk dengan menutup jendela dan pintu. Tutup semua celah yang mungkin bisa dimanfaatkan nyamuk untuk masuk ke dalam rumah atau area bisnis Anda. Jika memungkinkan, pasang layar pada jendela dan pintu. Cara ini cukup efektif untuk mencegah nyamuk masuk, khususnya saat jendela dan pintu dalam kondisi terbuka.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Strategic Pestcontrol, Basmi Nyamuk Hingga Tuntas

Untuk membantu basmi nyamuk di rumah atau area bisnis, Anda bisa menghubungi Strategic Pestcontrol. Total inclusion service kami akan memastikan semua nyamuk di area rumah dan bisnis Anda hilang sampai tuntas. Musim hujan banyak nyamuk tidak akan menjadi momok menakutkan untuk Anda.

Kami memahami bahwa sebelum menggunakan jasa pembasmi hama profesional, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Untuk membantu mengambil keputusan seperti ini, Anda bisa berkonsultasi dengan kami terlebih dahulu, konsultasi gratis di sini.