Article

Jangan Khawatir, Ini Cara Usir Lalat di Musim Hujan!

usir lalat di musim hujan

Musim hujan telah tiba, lalat pun semakin merajalela. Masalahnya, cara biasa tidak akan selalu efektif untuk usir lalat di musim hujan. Karena jumlah yang lebih banyak, tingkat ancaman lalat pun berlipat.

Penyebab Lalat Semakin Banyak Saat Musim Hujan

penyebab banyak lalat

Sama seperti nyamuk, jumlah lalat juga semakin bertambah saat musim hujan. Ada beberapa hal yang menyebabkannya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab lalat semakin banyak di musim hujan.

1. Banyak genangan air

Lalat pada dasarnya suka dengan tempat yang lembab. Karena itu, musim hujan menjadi waktu paling ideal bagi lalat untuk berkembang biak. Tanaman yang terlalu banyak air dan genangan air, lalat suka dengan tempat-tempat seperti ini. Jadi jika tempat tinggal Anda ada banyak tanaman, ini akan menjadi tantangan ekstra untuk Anda.

2. Tumpukan sampah

Sudah menjadi rahasia umum jika lalat suka berkeliaran di tempat sampah, terlebih jika ada banyak sampah makanan di sana. Jika di rumah atau area bisnis Anda ada banyak lalat, coba pertimbangkan yang satu ini. Apakah ada tumpukan sampah di dekat sana? Sebagai tambahan, pipa pembuangan yang retak juga bisa menarik lalat berkeliaran.

3. Minuman dan makanan tumpah

Dapur dan meja makan jadi salah satu area lalat banyak berkeliaran. Bukan karena kotor, di tempat-tempat seperti ini minuman dan makanan umumnya juga sering tumpah. Karena alasan ini juga lalat lebih sering dijumpai di warung makan dibandingkan area bisnis lainnya.

Lalat mungkin tidak lebih menakutkan dibandingkan serangga lainnya. Serangga yang satu ini juga tidak memiliki senjata yang mematikan. Meski demikian, lalat senang sekali hinggap di tempat-tempat yang kotor.

Saat hinggap di tempat kotor inilah, tidak kurang dari 100 jenis kuman penyakit ikut menempel. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika lalat sampai hinggap di makanan.

Tips Usir Lalat di Musim Hujan dengan Cara Alami

cara mengusir lalat secara alami

Usir lalat di musim hujan memang lebih menantang. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga jangan terburu-buru menggunakan racun serangga. Cobalah menggunakan cara-cara sederhana yang lebih ramah lingkungan. Berikut tips usir lalat di musim hujan dengan cara alami.

1. Rutin membersihkan sampah

Perlu diingat, lalat suka dengan tempat kotor. Jadi jika Anda rutin membersihkan sampah, tidak ada kesempatan bagi lalat untuk mengusir Anda. Jangan biarkan sampah menumpuk. Tentu saja, akan lebih baik jika sampah yang ada dipisahkan berdasarkan jenisnya.

2. Pel lantai secara berkala

Rutin mengepel lantai juga bisa menjadi cara efektif untuk usir lalat di musim hujan. Akan tetapi, jangan hanya sekedar mengepel lantai dengan air. Anda bisa menggunakan campuran karbol dan cairan pencuci piring agar lalat tidak kembali lagi.

3. Tanam tanaman herbal

Sebagai informasi, ada beberapa jenis aroma yang tidak disukai lalat. Sebut saja seperti aroma kemangi, lavender, daun salam dan cengkeh. Jadi untuk usir lalat di musim hujan, Anda bisa menanam tanaman tersebut.

4. Bersihkan kotoran hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing atau hewan peliharaan lainnya, pastikan untuk selalu membersihkan kotorannya. Bahkan meski sudah diberi kandang sendiri, Anda tetap harus melakukannya.

Lalat suka hinggap di kotoran hewan. Jadi dengan membersihkan kotoran hewan secara rutin, tidak ada banyak tempat bagi lalat untuk berkeliaran di rumah.

5. Gunakan alat perangkap lalat

Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya Anda menggunakan perangkap lalat. Ada beberapa jenis perangkap lalat yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang murah dan sederhana seperti lem serangga sampai yang canggih seperti lampu LED UV. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Konsultasi dengan Strategic Pestcontrol untuk Hasil Lebih Efektif

Usir lalat di musim hujan bisa cukup menantang. Meski sudah mengikuti tips dan cara yang dianjurkan, terkadang lalat masih saja ada. Dibutuhkan solusi menyeluruh untuk basmi lalat hingga tuntas. Untuk alasan inilah, Strategic Pestcontrol hadir untuk membantu Anda mengusir hama dan lalat.

Strategic Pestcontrol berpengalaman mengusir hama lalat selama lebih dari 14 tahun. Kami juga telah membantu banyak klien besar dari berbagai industri, mulai dari perhotelan hingga restoran. Butuh bantuan untuk mengusir lalat? Anda bisa mulai konsultasi dan survei gratis di sini.