Article

Cara Menghilangkan Rayap dengan Alami: Ini Tips dan Triknya!

cara menghilangkan rayap

Rayap adalah serangga pemakan kayu dan termasuk hewan purba yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hewan ini hidup dalam koloni yang berjumlah ratusan hingga ribuan ekor.

Serangga yang hidup dengan memakan kayu ini sangat merugikan karena dapat menimbulkan kerusakan dan kerugian ekonomi. Rayap memakan dan merusak bagian serta struktur hunian yang terbuat dari kayu mulai dari furnitur hingga rangka bangunan. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi seluruh anggota keluarga. Tidak hanya itu, kerugian ekonomi yang ditimbulkan juga sangat besar mengingat biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perbaikan struktur rumah ataupun untuk mengganti furnitur pastinya tidak sedikit.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui dan mempraktekkan cara menghilangkan rayap, demi keselamatan keluarga dan mencegah kerugian ekonomi yang lebih besar seiring dengan berjalannya waktu.

Cara Menghilangkan Rayap secara Alami

Cara menghilangkan rayap secara alami bukan hanya terbukti efektif, namun juga lebih aman bagi lingkungan. Bahan-bahan alami berikut ini dapat dengan mudah ditemukan dengan biaya yang lebih terjangkau.

Bahan Alami Untuk Membasmi Rayap

cengkeh menghalau rayap

Basmi rayap dengan ekstrak dari bahan-bahan alami berikut ini:

Minyak cengkeh.

Cengkeh dikenal sebagai bahan pestisida nabati yang memiliki kegunaan sangat luas baik sebagai fungisida, bakterisida, insektisida, dan nemastisida. Penggunaan minyak cengkeh sebagai anti rayap menunjukkan hasil yang efektif dengan tingkat kematian rayap hingga 92%. Aplikasikan minyak ini dengan menyemprotkannya pada bagian hunian yang menjadi sarang rayap.

Minyak kemangi

Minyak ini memiliki aroma kuat yang tajam dan dibenci oleh rayap sehingga dapat dijadikan salah satu cara menghilangkan rayap.

Ekstrak kayu manis

Bahan favorit dalam dunia dapur ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan rayap dari dalam lemari. Tempatkan kayu manis dalam lemari sebagai pengganti kapur barus sekaligus mengusir serangga nakal tersebut.

Bahan Alami untuk Menghalau Rayap

tepung jagung

Halau jauh-jauh keberadaan rayap dari area hunian dengan menggunakan bahan-bahan alam seperti tepung jagung dan soda kue. Kedua bahan tersebut dapat ditaburkan di sudut-sudut ruangan atau di tempat-tempat yang lembab dan mungkin menjadi sarang rayap. Serangga pengganggu ini cenderung menghindari bahan-bahan tersebut.

Tanaman Penghalau Rayap

marigold

Cara menghilangkan rayap selanjutnya adalah dengan menanam beberapa jenis tanaman yang dipercaya dapat menghalau masuknya rayapnya kedalam hunian. Tanaman seperti daun mint, akar wangi, catnip, dan rumput vetiver memiliki aroma harum yang khas serta tidak disenangi oleh rayap. Anda dapat juga menanam tanaman bunga seperti marigold dan geranium yang akan menarik kedatangan predator rayap.

Tips dan Trik Menghilangkan Rayap

genangan air

Cara menghilangkan rayap akan bekerja secara efektif bila dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Untuk memastikan rumah Anda bebas dari rayap, simak tips dan trik berikut ini:

Membuat semprotan anti rayap

Anda dapat menggunakan semprotan jenis apapun dengan menggunakan campuran bahan alami untuk menghilangkan anti rayap. Proses dan cara menghilangkan rayap seperti ini membutuhkan konsistensi, artinya Anda perlu melakukan penyemprotan secara berkala dalam jangka waktu tertentu, sekitar 3-4 minggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Menjaga kebersihan area

Rayap menyukai tempat yang kotor, lembab, dan banyak tumpukan kayu. Bersihkan rumah Anda dan area di sekitar secara rutin. Pastikan tidak ada genangan air ataupun tumpukan kayu kering/basah yang terlalu dekat dengan rumah.

Menjaga kelembaban dalam rumah

Jaga agar ruangan tidak terlalu lembab karena rayap menyukai tempat yang lembab. Berikan ventilasi yang memadai agar sinar matahari dapat masuk dengan leluasa ke dalam ruangan. Bila diperlukan, jemur perabotan kayu di bawah sinar matahari untuk mengusir rayap yang mungkin sudah masuk ke dalamnya.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Cara mengusir rayap dengan bahan membutuhkan waktu dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk hasil terbaik dalam waktu lebih cepat, pergunakan jasa pengusir rayap profesional Strategic Pestcontrol. Strategic Pestcontrol menerapkan 4 langkah penanganan hama mulai dari Prevention, Exclusion, Sanitation, dan Treatment. Penanganan yang menyeluruh dari Strategic Pestcontrol menjamin rayap tidak akan datang dan mengganggu kenyamanan hidup Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi lebih lanjut.