Article

Kecoa Terbang: Fakta Menarik Mengenai Hewan Ini

kecoa terbang

Apakah Anda pernah mendapati kecoa terbang dalam rumah Anda? Apa yang Anda lakukan saat hal tersebut terjadi?

Jangan terkecoh. Sesungguhnya hama ini tidak dapat terbang, setidaknya tidak terbang dengan sempurna. Hewan yang satu ini memiliki kemampuan untuk meluncur dan mengepakkan sayapnya pada jarak pendek. Serangga ini juga dapat “jatuh dengan gaya” atau terlihat seperti terbang. Kenali lebih lanjut tentang kecoa terbang serta cara membasminya agar tidak menjadi hama dalam rumah Anda.

Fakta Menarik Tentang Kecoa Terbang

Terdapat lebih dari 3.500 speses di seluruh dunia, namun hanya beberapa spesies yang dapat terbang. Sebagian besar yang lain adalah penerbang yang buruk, tidak terbang sama sekali, atau hanya melayang dari ketinggian saja. Beberapa spesies kecoa terbang yang dikenal adalah Kecoa Pennsylvania Wood, Smokybrown, Australia, dan Asia. Kecoa yang umum ditemukan di Indonesia dengan panjang 25-40 mm dengan warna coklat kemerahan mengkilat termasuk dalam spesies kecoa yang dapat terbang.

Beberapa fakta menarik lainnya tentang kecoa terbang adalah:

Kecoa hanya bisa terbang di beberapa waktu tertentu

Secara umum, hewan ini lebih memilih untuk merayap karena sumber makanan mereka umumnya berada di lantai. Hewan ini akan terbang dalam situasi dan kondisi tertentu misalnya saat mereka merasa terancam, termasuk oleh keberadaan manusia. Oleh karena itu, bila Anda menemukan kecoa yang tiba-tiba terbang, itu artinya kecoa tersebut merasa terancam oleh Anda.

Selain itu, kecoa akan terbang apabila mereka berada di tempat yang tinggi dan ingin turun ke tempat yang lebih rendah. Dalam situasi ini, kecoa akan menggunakan sayap mereka untuk meluncur turun.

Hewan ini bisa terbang jika suhu udara cukup panas

kecoa terbang

Sebagian besar kecoa tidak dapat terbang, namun bagi kecoa yang dapat terbang, mereka akan melakukannya saat suhu udara cukup panas. Secara umum, kecoa menyukai suhu antara 75 – 85 derajat Farenheit (sekitar 23 – 29 derajat C). Saat suhu udara lebih dari suhu ideal tersebut, kecoa akan terbang untuk mencari tempat dengan suhu yang lebih sejuk. Tidak heran bila di musim panas atau di musim kemarau dengan suhu udara yang tinggi, Anda mungkin akan lebih sering menemukan kecoa yang terbang kesana kemari.

Kecoa memiliki sistem penerbangan yang unik

sayap kecoa

Kecoa terbang dengan cara yang unik. Hewan ini memiliki 2 pasang sayap yaitu sayap depan dan sayap belakang. Sayap depan lebih tebal dan memiliki warna yang sama dengan tubuh kecoa. Sementara sayap belakang berada tersembunyi di balik sayap depan. Sayap belakang ini lebih tipis dan terlihat semi transparan seperti membran. Sayap inilah yang membantu hewan ini untuk terbang dan melayang.

Saat akan terbang, hewan ini akan mengangkat sayap depan untuk mengekspos sayap belakang. Sayap belakang inilah yang akan bergerak untuk membuat kecoa terbang, sementara sayap depan akan tetap diam dalam posisi terangkat.

Hewan ini mampu mengatasi hambatan saat terbang

kecoa lampu

Hewan ini umumnya tertarik dengan cahaya seperti cahaya lampu atau cahaya TV. Namun, Anda mungkin jarang melihatnya karena hewan ini termasuk dalam kategori hewan nokturnal atau hewan yang lebih aktif di malam hari.

Kemampuan terbang hewan ini bervariasi, tergantung pada ukuran dan kekuatan angin. Beberapa dapat terbang hingga ketinggian 100 kaki atau pada umumnya setinggi pohon.

Terlepas dari berbagai fakta menarik tentang kecoa terbang, tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran hewan ini dalam hunian merupakan hal yang tidak baik. Hewan ini dapat menjadi hama yang berbahaya bagi para penghuni rumah karena hewan ini membawa kotoran dan bakteri dari sampah ke dalam hunian. Kotoran dan bakteri tersebut dapat mengkontaminasi makanan yang Anda makanan dan menjadi sumber penyakit.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Begitu Anda melihat hewan pengganggu ini beterbangan ke dalam rumah Anda, segera lakukan tindakan untuk mengusirnya. Jangan ragu untuk menggunakan jasa pembasmi hama profesional Strategic Pestcontrol. Dengan pengalaman selama lebih dari 14 tahun, Strategic Pestcontrol akan memastikan hama terbang yang satu ini hilang dengan sempurna. Konsultasikan kebutuhan jasa penanganan kecoa terbang sekarang juga bersama tim ahli kami di Strategic Pestcontrol.