Article

Bingung Cara Membuat Desinfektan Sendiri? Ternyata Mudah!

Cara membuat desinfektan

Ancaman virus corona belum sepenuhnya sirna. Bahkan menurut para ahli, virus tersebut akan selalu ada dan hidup bersama manusia. Untuk menghindari skenario terburuk, langkah antisipasi dengan melakukan desinfeksi perlu dilakukan secara berkala. Namun untuk menghemat biaya, ada baiknya Anda tahu bagaimana cara membuat desinfektan sendiri.

Apa Itu Desinfektan

Apa itu desinfektan

Desinfektan merupakan zat kimia yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan mikroorganisme patogen atau parasit, bahkan menghancurkannya. Namun berbeda dengan antiseptik, desinfektan hanya boleh digunakan pada permukaan benda mati.

Efektivitas desinfektan dalam mengurangi dan menghancurkan mikroorganisme patogen atau parasit memang terbilang tinggi. Karena itulah, zat kimia yang satu ini menjadi salah satu senjata andalan untuk memerangi virus berbahaya. Meski demikian ada satu catatan penting. Jangan pernah menggunakan desinfektan langsung pada kulit atau menyemprotkannya ke makhluk hidup.

Fungsi Desinfektan

Fungsi desinfektan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, desinfektan mampu menghancurkan atau setidaknya mengurangi jumlah mikroorganisme patogen atau parasit di atas permukaan benda mati. Karena itulah, desinfektan kerap dimanfaatkan untuk mencegah dan mengendalikan infeksi.

Cara Membuat Desinfektan

cara membuat desinfektan

Sebenarnya ada banyak cara membuat desinfektan. Namun menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada tiga bahan yang direkomendasikan, yakni pemutih, alkohol dan hidrogen peroksida. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat desinfektan.

1. Cara membuat desinfektan dengan produk pemutih

Ingin membuat desinfektan dari produk pemutih? bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain pemutih rumah tangga 5-6% dan air. Dalam hal ini, pilihlah pemutih tanpa pewangi.

Cara membuat desinfektan dari pemutih pun terbilang sangat sederhana. Anda cukup mencampurkan pemutih dan air dengan perbandingan 4 sendok teh pemutih untuk setiap 1 liter air. Kocok dua bahan tersebut sampai rata. Setelah itu, desinfektan siap digunakan.

2. Membuat desinfektan dengan alkohol

Jika Anda mencari solusi yang tidak beracun, desinfektan dari alkohol bisa jadi solusinya. Bahan-bahan yang dipersiapkan antara lain alkohol gosok 70-99% atau alkohol isopropil dan minyak esensial thyme sebanyak 20 tetes. Jika tidak ada minyak esensial thyme, Anda bisa menggantinya dengan minyak kayu putih, kayu manis atau tea tree.

Cara membuat desinfektan dari alkohol juga sangat sederhana. Pertama masukkan 20 tetes minyak esensial thyme ke dalam botol semprot kemudian campurkan dengan alkohol. Kocok secara perlahan dan desinfektan pun siap digunakan.

Karena mengandung minyak esensial thyme, desinfektan yang satu ini juga punya sifat antimikroba dan antibakteri.

3. Membuat desinfektan dari hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida juga terbilang efektif membunuh patogen, termasuk virus corona. Untuk membuat desinfektan dari bahan yang satu ini, beberapa bahan yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah hidrogen peroksida 3% sebanyak seperempat cangkir dan satu cangkir air.

Untuk membuat desinfektan, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam botol semprot. Pastikan botol yang digunakan berwarna buram. Hal ini dilakukan karena karakteristik hidrogen peroksida yang sangat sensitif terhadap cahaya.

4. Membuat desinfektan dari hidrogen peroksida dan alkohol

Untuk membuat desinfektan dari hidrogen dan alkohol, bahan-bahan yang diperlukan antara lain 3,5 ons air suling, 12 ons etil alkohol 95%, 0,5 sendok teh hidrogen peroksida dan 30-45 tetes minyak esensial.

Campurkan bahan-bahan di atas ke dalam botol semprot berwarna buram, dimulai dari hidrogen peroksida dan air. Setelah itu masukkan minyak esensial kemudian tambahkan etil alkohol. Kocok bahan-bahan tersebut agar tercampur sempurna.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Lawan Virus dan Bakteri Bersama Strategic Pest Control

Ancaman virus dan bakteri akan selalu ada. Karena itu, Anda harus selalu waspada. Untuk meminimalisir risiko infeksi virus dan bakteri, gunakan desinfektan dengan tetap mengikuti rekomendasi dari para ahli. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa meminta bantuan tenaga profesional untuk melakukan desinfeksi.

Strategic Pest Control (SPC) merupakan penyedia jasa pembasmi hama profesional. Selama lebih dari 14 tahun, SPC telah berkecimpung dalam industri pembasmian hama. Bukan hanya hama, SPC juga berpengalaman dalam membasmi virus dan bakteri melalui layanan desinfeksi.

Virus dan bakteri bisa menjadi ancaman yang berbahaya. Karena itu, dibutuhkan tenaga ahli untuk mengatasinya. Butuh bantuan untuk melawan virus dan bakteri? Segera hubungi kami di sini.