Article, Uncategorized

Mau usir kecoa dengan bahan-bahan alami? Simak tips berikut

pengusir kecoa alami

Kecoa mungkin bukan termasuk serangga mematikan. Namun harus diakui, keberadaannya bisa membuat jijik orang yang melihatnya. Pengusir kecoa alami pun menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengusir kecoa. Tapi sebelum itu, yuk pahami bagaimana cara mengusir kecoa yang efektif.

Cara Mengusir Kecoa

cara mengusir kecoa

Kecoa sebenarnya bisa diusir dengan cara-cara sederhana. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang terbukti ampuh sebagai pengusir kecoa alami.

1. Bersihkan sisa-sisa makanan

Kecoa menyukai aroma dari sisa-sisa makanan. Jadi agar kecoa tidak datang, pastikan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal. Gunakan tudung makanan untuk melindungi makanan di atas meja. Jika ada kulkas, akan lebih baik jika Anda menyimpan makanan di dalamnya.

2. Singkirkan barang yang tidak terpakai

Demi bertahan hidup, kecoa bisa memakan apa saja. Bahkan mereka juga bisa makan kertas, debu hingga kotoran. Agar rumah tidak menjadi sarang kecoa, singkirkan barang yang sudah tidak terpakai lagi, baik itu koran bekas, majalah bekas atau barang-barang lainnya.

3. Rajin mengepel lantai

Perlu diingat, kecoa pada dasarnya suka dengan tempat yang kotor. Namun menyapu lantai saja tidak cukup. Ada kemungkinan sisa-sisa makanan masih menempel di lantai. Jadi agar lantai bersih dari bau sisa-sisa makanan, Anda juga harus rutin mengepel lantai.

4. Memasang perangkap kecoa

Dengan menjaga kebersihan, kehadiran kecoa di rumah dapat diminimalisir. Meski demikian, bukan berarti tidak ada gangguan kecoa lagi. Anda juga perlu memasang perangkap kecoa sebagai langkah antisipasi tingkat lanjut. Jadi meski masih ada kecoa di rumah, potensi ancaman tersebut bisa dieliminasi sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar.

5. Tutup pintu masuk kecoa

Keempat cara di atas akan menjadi percuma jika Anda tidak menutup “pintu masuk” kecoa. Karena itu, tutup setiap lubang atau celah yang berpotensi menjadi tempat masuknya kecoa ke dalam rumah.

Bahan Alami yang Dapat Mengusir Kecoa

bahan alami pengusir kecoa

Untuk mengusir kecoa, umumnya orang akan memilih racun serangga yang terbuat dari bahan kimia. Padahal masih ada pengusir kecoa alami yang lebih aman untuk manusia. Berikut beberapa pengusir kecoa alami yang bisa Anda coba.

1. Bawang Putih

Bawang putih punya aroma yang tidak disukai kecoa. Anda bisa memanfaatkan aroma bawang putih yang menyengat sebagai pengusir kecoa alami. Caranya pun sederhana. Hancurkan bawang putih dan taburkan di tempat yang kerap didatangi kecoa.

2. Jeruk

Bagi manusia, aroma jeruk memang menyegarkan. Namun bagi kecoa, aroma jeruk justru bisa sangat mengganggu. Jadi untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi kecoa, Anda bisa mengepel lantai dengan campuran minyak jeruk dengan air sebagai pengusir kecoa alami.

3. Minyak Aroma Terapi

Aroma terapi punya aroma yang mampu menenangkan pikiran. Menariknya lagi, Anda juga bisa memanfaatkan minyak aroma terapi untuk mengusir kecoa. Caranya cukup semprotkan campuran minyak aroma terapi dengan air ke sudut-sudut ruangan, minyak aroma terapi sebagai pengusir kecoa alami yang ampuh.

4. Kopi

Kecoa sebenarnya tidak menyukai aroma kopi. Aromanya yang kuat cenderung dihindari kecoa. Jadi setelah selesai ngopi, jangan buang ampasnya. Anda bisa menggunakannya sebagai pengusir kecoa alami.

5. Daun Salam

Pengusir kecoa alami yang satu ini relatif mudah dijumpai. Tidak hanya itu, aroma daun salam juga cenderung tidak disukai kecoa. Untuk mengusir kecoa, Anda bisa menghancurkan daun salam dan meletakkannya di sudut-sudut ruangan. Anda juga bisa merebus daun salam kemudian menyemprotkannya ke area yang sering dilalui kecoa.

 

Itulah bahan yang mudah ditemukan sebagai pengusir kecoa alami yang ada di rumah kita. Namun bahan bahan tersebut tidak cukup untuk membasmi hama kecoa jika sudah sangat mengkhawatirkan. Perlu jasa profesional pest control untuk membantu membasmi hama kecoa yang ada.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Usir Kecoa dengan Jasa Pengusir Hama Berpengalaman

Mengusir kecoa bisa menjadi pekerjaan yang cukup merepotkan. Tak mengherankan, beberapa orang lebih memilih memanggil jasa pembasmi hama untuk mengusir kecoa di rumahnya. Namun ada satu catatan. Jika ingin menggunakan jasa pembasmi hama, pilihlah yang berpengalaman.

Strategic Pest Control (SPC) merupakan penyedia jasa pengusir hama yang telah berpengalaman selama lebih dari 14 tahun di bidangnya. Pengalaman panjang dalam membasmi hama membuat kami memahami bahwa tidak ada satu cara yang efektif untuk semua situasi. Demi menemukan solusi yang paling efektif, survei juga perlu dilakukan.

Punya masalah kecoa di rumah? Segera hubungi kami di sini.