Article

Mau Pasang Perangkap Tikus? Ketahui Hal Ini Sekarang

Perangkap tikus

Hama tikus memang bisa sangat mengganggu. Mereka juga kerap membuat kerusakan, bahkan menyebarkan penyakit. Meski demikian, jangan terburu-buru menggunakan perangkap tikus. Sebelum mulai menggunakan perangkap, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mengetahui Ada Tikus di Rumah

Tikus di rumah

Sebenarnya tidak sulit mengetahui apakah di rumah ada tikus atau tidak. Mereka sering berlarian dan membuat suara gaduh saat malam. Walaupun sudah dipasanga perangkat tikus, tidak jarang mereka juga berani menunjukkan keberadaannya secara langsung, khususnya di tempat-tempat yang dekat dengan sumber makanannya. Salah satunya adalah di dapur.

Selain itu, keberadaan tikus juga bisa diketahui dari kotoran yang ditinggalkan. Tikus sering membuang kotoran di titik persinggahan. Jika ada tikus di rumah, biasanya mereka juga sering meninggalkan jejak kaki, tanda-tanda di dinding dan membuat kerusakan, seperti menggigit kabel dan wadah penyimpanan makanan.

Cara Menangkap Tikus di Rumah

Cara menangkap tikus

1. Gunakan lem tikus

Salah satu perangkap tikus yang ampuh untuk menangkap tikus adalah dengan menggunakan lem tikus. Saat ini ada banyak lem tikus dijual di pasaran. Beberapa diantaranya bahkan tidak berbau dan tidak beracun. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sampai kena kulit.

2. Lem tikus berbentuk papan

Perangkap tikus yang satu ini sebenarnya mirip seperti perangkap sebelumnya. Bedanya terletak pada aplikasinya saja. Jika lem tikus berbentuk menyerupai gel, lem tikus yang satu ini berbentuk papan.

Cara pakai perangkap tikus yang satu ini juga sama seperti lem tikus pada umumnya. Namun karena lem sudah diaplikasikan di atas papan, Anda tinggal meletakkannya di tempat yang sering dilalui tikus.

3. Menangkap tikus dengan perangkap tikus mekanis

Jika Anda mencari perangkap tikus yang tidak lengket, solusi yang satu ini bisa dipertimbangkan. Perangkap tikus mekanis sendiri ada banyak jenisnya. Salah satu yang paling populer adalah perangkap tikus berbentuk kerangkeng besi.

Pasang umpan di dalam perangkap, letakkan di lokasi yang sering dilalui tikus kemudian tunggu sampai pagi. Jika ada tikus yang menggigit umpan, pintu perangkap akan menutup secara otomatis dan menjebak tikus di dalamnya.

Cara Mengusir Tikus Agar Tidak Kembali Lagi

Cara mengusir tikus

1. Pelihara kucing

Sudah menjadi rahasia umum jika tikus adalah buruan kucing. Tapi jika tujuannya untuk menangkap tikus, sebaiknya pilih kucing yang memang memiliki kemampuan berburu. Misalnya saja seperti kucing domestik.

2. Gunakan bubuk kopi

Tikus sebenarnya tidak menyukai bubuk kopi. Saat terkena bubuk kopi, hidung tikus akan mengalami iritasi dan akhirnya pergi. Aromanya yang tajam juga membuat tikus merasa tidak nyaman. Jadi jika ingin mengusir tikus, Anda bisa meletakkan bubuk kopi di tempat-tempat yang sering dilewati tikus.

3. Manfaatkan kantong teh bekas

Sama seperti kopi, tikus juga tidak menyukai aroma teh. Tikus cenderung menghindari area yang memiliki aroma teh yang pekat. Jadi jika ada kantong teh bekas di rumah jangan dibuang. Anda bisa menggunakannya untuk mengusir tikus.

4. Taburkan merica atau lada hitam

Kandungan piperin dalam lada hitam bisa mengganggu pernafasan tikus. Di sisi lain, karakteristik merica yang keras di hidung juga bisa membuat tikus merasa tidak nyaman. Anda bisa memanfaatkan keduanya untuk mengusir tikus. Untuk mengusir tikus dengan merica atau lada hitam, Anda cukup menaburkannya di sudut-sudut ruangan.

5. Jaga kebersihan rumah

Tikus pada dasarnya suka dengan tempat yang ada banyak tumpukan barang atau dekat dengan sumber makanannya. Jadi dengan menjaga kebersihan rumah, baik dengan merapikan tumpukan barang, membersihkan rumah dan menutup tempat sampah, tikus tidak akan memiliki ruang untuk membuat sarang.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Ada Tikus di Rumah? Segera Hubungi Ahlinya

Cara-cara di atas sebenarnya cukup ampuh untuk menangkap dan mengusir tikus. Namun perlu diingat, tikus juga bisa belajar. Anda tidak bisa mengusir semua tikus di rumah dengan cara yang sama.

Jika Anda memiliki masalah serius dengan tikus, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghubungi ahlinya. Anda bisa mempercayakan urusan mengusir tikus pada Strategic Pest Control (SPC). Berbekal pengalaman panjang dalam mengusir hama, SPC akan mencari cara terbaik dan paling efektif untuk membebaskan hunian dari gangguan hama tikus.

Ingin konsultasi terlebih dahulu? Anda bisa menghubungi kami di sini.