Article

Bisnis Restoran Berisiko Rugi Akibat Telur Lalat di Makanan? Simak Solusinya

telur lalat di makanan

Selain menyajikan makanan dengan rasa yang lezat, kebersihan menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah restoran. Bayangkan saja bila kondisi restoran kotor atau ditemukan kotoran seperti telur lalat di makanan. Pastinya para pelanggan akan enggan untuk mengunjungi tempat tersebut. Lama kelamaan, restoran tersebut akan merugi dan bisa jadi bangkrut.

Risiko Telur Lalat di Makanan Restoran

Ukuran telur lalat yang kecil (1-3 mm) dan berwarna putih seperti biji wijen membuatnya sering tidak terlihat. Tidak heran bila banyak orang yang tidak menyadarinya. Keberadaan telur lalat di makanan itu sendiri ternyata membawa risiko kesehatan bagi orang-orang yang tidak sengaja memakannya.

Risiko memakan telur lalat secara tidak sengaja menjadi semakin besar melihat tingkat produktifitas lalat dalam berkembang biak. Bayangkan saja, lalat dewasa dapat mengeluarkan 150 butir telur untuk sekali bertelur. Telur-telur tersebut akan menetap menjadi belatung hanya dalam waktu 24 jam. Semakin banyak telurnya, maka semakin besar kemungkinan telur tersebut menempel pada berbagai jenis makanan yang ada.

Beberapa bahaya dari mengkonsumsi telur lalat itu sendiri adalah:

  • Intestinal myasis. Kondisi infeksi dimana telur lalat yang menetas menjadi belatung dan bertahan hidup dalam saluran pencernaan seseorang. Belatung ini kemudian memakan jaringan hidup dari organisme tersebut, dalam hal ini jaringan hidup dalam tubuh manusia.
  • Infeksi bakteri. Lalat sering hingga pada sampah sehingga besar kemungkinan telur lalat terkontaminasi bakteri dari sampah seperti bakteri eschericia coli dan bakteri salmonella enteritidis. Kedua jenis bakteri tersebut dapat menginfeksi saluran pencernaan dan menyebabkan gangguan seperti diare, mual, demam, hingga perdarahan pada tinja.

Cara Mencegah Telur Lalat di Makanan Restoran

Mencegah keberadaan telur lalat di makanan restoran dapat dilakukan dengan cara mandiri dan profesional. Secara mandiri, para pengelola restoran dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Selalu menjaga kebersihan restoran. Hal ini merupakan tindakan paling efektif untuk mencegah kedatangan lalat dan hama lainnya yang membawa risiko kesehatan bagi manusia.
  • Menyimpan bahan makanan dengan baik, terutama makanan basah. Sebuah restoran pastinya memiliki stok persediaan bahan makanan yang akan diolah. Pastikan untuk menyimpan semua bahan tersebut dalam tempat yang aman, bersih, dan tertutup untuk mencegah datangnya lalat.
  • Tidak menumpuk sampah. Sampah yang ada harus segera disingkirkan karena keberadaan tumpukan sampah selalu menarik perhatian lalat dan hama lainnya.
  • Mencuci bersih semua bahan makanan sebelum diolah
  • Menutup makanan agar lalat tidak memiliki kesempatan untuk hingga diatasnya.

Selain upaya mencegah keberadaan telur lalat di makanan secara mandiri, Anda juga dapat menggunakan jasa profesional pembasmi hama Strategic Pestcontrol.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Mengapa perlu menggunakan jasa profesional?

Karena hewan ini umumnya hidup secara berkoloni. Bila Anda melihat satu lalat, maka besar kemungkinan ada puluhan lalat lain yang siap mendekat. Keberadaan lalat dalam jumlah banyak perlu diatasi secara profesional agar tidak ada lagi yang tersisa dan menelurkan telur mereka di makanan yang ada.

Strategic Pestcontrol memiliki pengalaman dalam membasmi hama selama lebih dari 14 tahun. Pengalaman ini menjadi modal dasar dalam melakukan pembasmian hama secara efektif dan efisien.

Strategic Pestcontrol juga memberikan kenyamanan lebih kepada Anda dalam bentuk konsultasi tentang cara membasmi hama lalat secara gratis. Mudah dan handal bukan, untuk kenyamanan dan keberlangsungan bisnis restoran Anda.