Article

Jangan Abaikan Kutu Busuk di Kamar Rumah Anda! Atasi Segera Dengan Ahlinya

kutu busuk

Mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Saat bangun tidur, Anda mendapati kulit tubuh kemerahan, bengkak, gatal, dan bahkan seperti ada rasa terbakar. Bila hal tersebut sering terjadi, maka waspadalah. Mungkin saja ada kutu busuk yang bersarang di kamar Anda.

Sebagian orang mungkin tidak terlalu peduli dengan dengan hewan ini. Tapi, bila dibiarkan begitu saja, keberadaan hama kutu bisa jadi membahayakan kesehatan manusia serta hewan peliharaan kesayangan. Kenali lebih jauh tentang jenis-jenisnya, dampak negatif bagi kesehatan, serta cara penanggulangannya secara profesional.

Jenis -jenis Kutu Busuk dan Tempat yang Sering dihuni.

Kutu busuk atau sering juga disebut kutu kasur termasuk dalam bagian famili Cimicidae. Binatang ini merupakan binatang parasit eksternal yang mendapatkan makanan dengan cara menghisap dari tubuh manusia atau mamalia lainnya.

Sampai saat ini, ada 3 jenis kutu kasur yang menghisap darah manusia, yaitu cimex lectularius, cimex hemipterus, dan leptocimex boueti. Dari ketiganya, cimex lecturius merupakan jenis yang paling banyak ditemukan. Hewan ini berkembang biak pada daerah dengan suhu sekitar 210-260 C.

Dimana mereka tinggal dan berkembang biak? Kutu kasur umumnya bersembunyi pada beberapa tempat berikut, yaitu:

  • Bawah karpet
  • Kerangka tempat tidur
  • Celah-celah papan kayu
  • Retakan ataupun celah dinding
  • Lapisan kasur, dan tempat-tempat tersembunyi lainnya yang dekat dengan tempat Anda beristirahat, sesuai dengan namanya yaitu kutu kasur.

Dampak Negatif Kutu Busuk bagi Kesehatan

Hama tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga. Hewan super mungil yang satu ini akan menggigit dan menyebabkan munculnya:

  • Kulit merah, bengkak, gatal, dan menimbulkan sensasi kulit terbakar.
  • Dapat menyebabkan rekasi alergi yang serius dan membutuhkan perawatan medis. Gejala alergi yang muncul berupa gatal-gatal, pembengkakan di wajah, kesulitan bernapas, kesulitan menelan, bengkak di mulut dan tenggorokan, detak jantung tidak beraturan, tekanan darah menurun tiba-tiba, hingga kulit melepuh.
  • Memiliki risiko lebih tinggi terhadap gangguan kesehatan mental. Mereka yang terpapar dengan kutu busuk setiap harinya bisa mengalami kondisi berupa kecemasan, gangguan tidur, bahkan kondisi depresi.

Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya bagi Anda dan keluarga. Jadi pastikan untuk segera melakukan pembasmian terhadap hewan penghisap darah yang satu ini sebelum terjadi masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Pencegahan Penyakit Kutu Busuk secara Profesional Bersama Strategic Pestcontrol

Untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh kutu kasur, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Menjaga kebersihan seprai.

Pastikan untuk mencuci seprai secara berkala dengan menggunakan air panas terbukti dapat membasmi kutu kasur yang menempel pada seprai.

  • Membersihkan kasur dan tempat tidur dengan vakum

Pergunakan vakum untuk membersihkan kasur dan seluruh area tempat tidur. Hal ini tidak sepenuhnya dapat menghilangkan keberadaan mereka, namun dapat meminimalisir jumlahnya.

  • Tidak menyimpan barang di bawah tempat tidur

Hindari untuk menyimpan barang-barang di bawah tempat tidur. Hal ini justru memberikan celah dan tempat berkembang biak hama kutu tersebut.

Melakukan pembersihan secara manual belumlah cukup untuk membasmi hama ini. Ukurannya yang sangat kecil, kebiasaan mereka untuk bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau, serta sifat telur kutu kasur yang lengket membuat hama ini tidak dapat dihilangkan dengan proses vakum biasa.

Dalam hal ini, cara terbaik untuk memastikan bahwa kutu busuk yang ada dalam hunian ada benar-benar musnah adalah dengan memanggil jasa profesional dari Strategic Pestcontrol.

Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dan pihak Strategic Pestcontrol akan melakukan survey awal secara gratis. Dari sini, tim Strategic akan memberikan rekomendasi penanganan yang paling sesuai dengan efektif dengan kondisi yang ada, sekaligus juga langkah-langkah pencegahan yang perlu Anda lakukan untuk mencegah kutu busuk datang kembali. Konsultasikan kebutuhanmu sekarang juga!