Article

Hati-hati! Ternyata Obat Nyamuk Menyebabkan Masalah Kesehatan

Obat Nyamuk

Nyamuk masih menjadi momok mengerikan bagi banyak orang. Dibalik ukurannya yang mungil, ada ancaman mematikan yang bisa dihadirkan. Orang-orang pun dihadapkan pada situasi sulit. Namun daripada terkena demam berdarah dan menanggung risiko antara hidup dan mati, sebagian besar dari mereka lebih memilih menggunakan obat nyamuk meski tahu bahwa obat nyamuk menyebabkan masalah kesehatan.

Obat Nyamuk Jadi Pilihan Utama Mengusir Nyamuk

obat nyamukUntuk mengusir nyamuk, orang umumnya lebih memilih menggunakan obat nyamuk. Cara pakainya mudah dan simpel. Harganya juga terjangkau, terlebih untuk jenis obat nyamuk bakar.

Selain praktis, obat nyamuk juga terbukti ampuh mengusir, bahkan membunuh nyamuk. Itulah kenapa meski kebanyakan orang paham bahwa obat nyamuk menyebabkan masalah kesehatan, banyak dari mereka yang tetap menggunakannya sebagai pilihan utama untuk mengusir nyamuk.

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Kesehatan

Bahaya obat nyamuk bagi kesehatanObat nyamuk menyebabkan masalah kesehatan? Mungkin banyak yang sudah menyadari hal tersebut. Bahkan dalam kemasan obat nyamuk sudah ada peringatan akan bahaya yang mungkin bisa ditimbulkan.

1. Kandungan Berbahaya dalam Obat Nyamuk

Obat nyamuk sedikitnya mengandung 6 bahan yang punya potensi bahaya bagi kesehatan. Kandungan tersebut diantaranya adalah DEET, picaridin, minyak eukaliptus, piretrin serta karbamat dan organofosfat. Berikut penjelasan obat nyamuk lebih lengkapnya.

a. DEET.

Bahan yang satu ini sudah sering digunakan untuk mengusir nyamuk, lalat hingga kutu. Saat ini penggunaan DEET pun masih sering dijumpai dalam obat nyamuk semprot dan lotion anti-nyamuk. Namun jika konsentrasinya lebih dari 30% atau digunakan pada kulit yang terbuka, hal tersebut bisa berbahaya.

b. Picaridin.

Bahan yang satu ini punya karakter dan manfaat mirip seperti DEET. Meski demikian, ada risiko iritasi jika sampai terhirup atau terpapar.

c. Minyak Eukaliptus Lemon (PMD).

Sebenarnya bahan yang satu ini tidak begitu berbahaya. Hanya saja, PMD tidak boleh digunakan pada anak-anak, khususnya yang masih berusia di bawah 3 tahun.

d. Piretrin.

Umumnya bahan yang satu ini tidak beracun. Namun jika terhirup dalam jumlah besar, hal tersebut bisa menyebabkan sesak nafas.

e. Karbamat dan organofosfat.

Dari semua obat nyamuk menyebabkan masalah kesehatan, mungkin bahan inilah yang paling berbahaya. Karbamat dan organofosfat sangat mudah menyerap melalui kulit, selaput lendir, paru-paru dan saluran pencernaan, hingga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan serius.

2. Jenis-Jenis Obat Nyamuk dan Bahayanya

Pada dasarnya semua obat nyamuk menyebabkan masalah kesehatan jika sampai masuk ke dalam tubuh. Berikut beberapa jenis obat nyamuk dan bahayanya.

a. Obat Nyamuk Semprot.

Jenis obat nyamuk menyebabkan masalah kesehatan yang satu ini biasanya dikemas dalam botol aluminium dan digunakan dengan cara menyemprotkannya ke area yang banyak nyamuknya. Selama digunakan dengan benar, obat nyamuk semprot sebenarnya tidak berbahaya. Namun jika sampai terhirup atau tertelan, kandungan piretrin di dalamnya dapat menyebabkan sesak nafas, muntah, batuk-batuk bahkan hingga kehilangan kesadaran. Jika terjadi kontak jangka panjang, kandungan DEET di dalam obat nyamuk semprot bisa menyebabkan iritasi, bahkan gangguan saraf.

b. Obat Nyamuk Bakar.

Sesuai dengan namanya, obat nyamuk bakar mengusir nyamuk dengan cara dibakar agar menghasilkan asap yang tidak disukai nyamuk. Namun emisi obat nyamuk bakar ternyata juga bisa mencemari udara dengan partikel polusi setara 100 batang rokok. Jika sampai terpapar asap obat nyamuk bakar dalam jangka waktu yang lama, hal ini bisa menyebabkan kanker paru-paru. Makan dari itu obat nyamuk bakar merupakan obat nyamuk menyebabkan masalah kesehatan.

c. Obat Nyamuk Elektrik.

Biasanya obat nyamuk elektrik tersedia dalam bentuk kepingan atau cairan. Meski tidak mengeluarkan asap, uap hasil pemanasannya dapat menyebabkan iritasi mata atau alergi jika sampai terhirup. Dalam jangka panjang, obat nyamuk elektrik bahkan bisa menyebabkan gangguan pernafasan, kerusakan otak, gangguan saraf hingga kematian.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Strategic Pestcontrol, Solusi Aman Kendalikan Nyamuk

Fakta bahwa obat nyamuk menyebabkan masalah kesehatan memang tak terbantahkan. Dengan pemakaian yang sesuai prosedur pun bahaya tersebut hanya bisa ditekan, bukan dihilangkan. Pertanyaannya, apa ada solusi yang lebih aman untuk mengendalikan nyamuk, khususnya jika scope-nya terbilang besar, seperti di kantor, restoran atau kawasan perumahan? Di sinilah Strategic Pestcontrol hadir dengan solusi yang sesuai kebutuhan dan dijamin aman.

Strategic Pestcontrol berpengalaman dalam mengatasi masalah hama, termasuk nyamuk selama lebih dari 14 tahun. Selama perjalanan tersebut, banyak klien besar yang sudah kami bantu. Kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis dan survei gratis. Dengan pengalaman panjang, tenaga profesional dan peralatan yang lengkap, kini kami siap membantu Anda. Butuh konsultasi soal masalah nyamuk? Hubungi kami di sini sekarang juga.