Article

Mengetahui Penyebab dan Gejala Penyakit Kencing Tikus

penyakit kencing tikus

Apakah Anda pernah mendengar penyakit kencing tikus? Penyakti ini termasuk golongan penyakit berat yang mengancam diri dan anggota keluarga. Mengapa disebut berat? Karena bila penyakit tersebut tidak diobati dengan tepat akan menyebabkan kerusakan organ bahkan mengancam keselamatan jiwa.

Kenali lebih jauh tentang penyakit kencing tikus, penyebab, gejala, serta cara mengatasi hewan pengerat yang menjadi inspirasi nama penyakit ini.

Penyakit Kencing Tikus

 

Penyakit kencing tikus atau Leptospirosis adalah penyakit yang menyebar melalui urine atau darah dari hewan yang terinfeksi. Beberapa hewan yang dapat menjadi perantara penyebaran penyakit ini adalah tikus, babi, sapi, dan anjing. Urine atau darah dari hewan yang telah terinfeksi tersebut dapat mengkontaminasi air atau tanah. Seseorang dapat terkena penyakit ini apabila terjadi kontak langsung dengan tanah atau air tersebut.

Anda perlu lebih waspada dengan penyebaran penyakit ini, terutama di musim hujan. Genangan air yang terdapat dimana-mana rentan terkontaminasi oleh urine tikus yang mungkin telah terinfeksi bakteri penyebab penyakit Leptospirosis ini. Bakteri tersebut dapat masuk melalui kulit yang terbuka atau selaput lendir saat terpapar dengan genangan air atau lumpur yang ada.

Penyebab Penyakit Kencing Tikus

bakteri leptospira

Penyebab penyakit ini adalah bakteri Leptospira Interrogans yang hidup di dalam ginjal hewan penyebar. Bakteri tersebut dapat keluar bersamaan dengan urine dan mengontaminasi air dan tanah. Bakteri tersebut dapat bertahan hidup dalam hitungan bulan bahkan tahun dalam air dan tanah tersebut.

Kontak langsung antara air atau tanah yang menyebabkan terjadinya penularan penyakit terhadap manusia dapat terjadi melalui:

  • Kontak antara kulit yang luka baik luka kecil ataupun luka besar dengan urine hewan yang terinfeksi.
  • Kontak antara kulit dengan air dan tanah yang terkontaminasi urine hewan yang terinfeksi
  • Konsumsi makanan yang terkontaminasi urine dari hewan yang terinfeksi

Gejala Penyakit Kencing Tikus

gejala penyakit

Tidak semua penderita Leptospirossis menunjukkan gejala. Gejala tersebut bisa muncul setelah melalui masa inkubasi yang bervariasi mulai dari 2 hari bahkan hingga 4 minggu setelah terpapar.

Gejala penyakit Leptospirosis juga mirip dengan penyakit lain seperti flu bahkan demam berdarah. Secara umum, gejala Leptospirosis adalah:

  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Demam tinggi dan menggigil
  • Tidak nafsu makan
  • Mata merah dan kulit menguning
  • Nyeri otot, umumnya pada otot betis dan punggung
  • Bintik-bintik merah pada kulit yang tidak hilang saat ditekan, menyerupai salah satu gejala penyakit demam berdarah.

Gejala tersebut dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu satu minggu, atau dapat berkembang menjadi penyakit leptospirosis tahap kedua. Pada tahap ini, keluhan yang muncul bervariasi, tergantung pada organ yang terserang. Gejala yang muncul dapat berupa nyeri dada, sesak nafas, sulit buang air kecil, pembengkakan tangan dan kaki, dan mimisan.

Penegakan diagnosis dari penyakit Leptospirosis dilakukan dengan melakukan beberapa pemeriksaan tambahan, tidak semata berdasarkan gejala semata. Pemeriksaan lanjutan ini dapat berupa tes darah, tes urine, pemeriksaan fungsi ginjal dan hati, CT Scan, serta foto rontgen paru. Konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Pencegahan Sumber Penyakit Kencing Tikus

Cara terbaik untuk mencegah terjangkitnya penyakit Leptospirosis adalah dengan menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan hewan peliharaan; menggunakan sarung tangan dan sepatu boot saat membersihkan selokan, dan tentu saja dengan membasmi hama tikus yang menjadi salah satu hewan penyebar penyakit tersebut.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Untuk membasmi atau mengendalikan hama tikus, Anda dapat melakukannya dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, konsultasikan kebutuhan Anda dengan tenaga profesional Strategic Pestcontrol. Kami menawarkan solusi pengendalian hama tikus dengan cara dan metode yang aman. Anda juga dapat menikmati keunggulan lain dari Strategic yaitu:

  • Layanan konsultasi dan survey gratis, untuk memastikan jenis pelayanan terbaik untuk Anda
  • Pengalaman lebih dari 14 tahun dalam bidang pengendalian hama
  • Dipercaya oleh ratusan klien baik individu maupun lembaga besar di tanah air.

Jangan ragu, konsultasikan kebutuhan pembasmian hama tikus bersama tim profesional Stretegic Pest Control sekarang juga.