Article

Ini Cara Efektif untuk Mengusir Ular Dari Rumah

cara mengusir ular dari rumah

Ular yang tiba-tiba masuk dalam rumah tentu saja akan membuat seisi rumah panik dan kaget. Mengapa? Karena ular merupakan golongan reptil yang dapat membahayakan manusia. Ular yang berbisa dapat menggigit dan menyebabkan syok, melumpuhkan, hingga menyebabkan kematian. Sementara ular yang tidak berbisa juga dapat menggigit manusia dan menyebabkan rasa sakit dan bengkak. Belum lagi ular yang berukuran besar dapat melilit tubuh manusia.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membekali diri dengan pengetahuan cara mengusir ular dari rumah, untuk berjaga-jaga apabila hewan reptil ini memutuskan untuk datang berkunjung.

Penyebab Ular Masuk Rumah

celah rumah jalan masuk ular

Sebelum mencari tahu cara mengusir ular dari rumah, cari tahu terlebih dahulu penyebab dari hewan reptil ini masuk ke dalam sebuah bangunan. Ular yang masuk ke dalam rumah umumnya terjadi di musim hujan. Pada musim ini, ular mencari tempat yang lembab dan aman dari air hujan untuk bertelur, dan rumah menjadi kandidat tempat terbaik untuk hal tersebut. Selain itu, penyebab ular masuk rumah lainnya adalah:

Keberadaan hewan sumber makanan ular

Beberapa jenis hewan seperti tikus, kadak, katak, dan burung merupakan makanan ular. Keberadaan hewan-hewan tersebut bisa jadi memancing ular untuk masuk ke dalam rumah. Pastikan untuk menyingkirkan atau mengendalikan keberadaan hewan-hewan tersebut.

Akses masuk dari alam bebas ke dalam rumah

Alasan lainnya adalah keberadaaan akses masuk dari alam bebas ke dalam rumah. Akses ini dapat berupa lubang pada dinding rumah, saluran air, ataupun retakan dinding. Pastikan akses masuk ular tidak tersedia dalam rumah Anda dengan menutup lubang dan retakan, serta memberi pagar khusus pada saluran air.

Keberadaan tumpukan batu, sampah, atau semak-semak

Keberadaan benda-benda tersebut dapat dimanfaatkan ular untuk masuk dan bersembunyi dari pemangsa. Bahkan, ular dapat menjadikannya sebagai sarang sebelum akhirnya berpindah masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, hindari tumpukan benda-benda yang tidak perlu dan sering-seringlah membersihkan tumpukan tersebut. Untuk semak-semak, pangkas dan rapikan semak agar tidak menjadi sarang.

Rumah yang kotor

Rumah yang kotor dan tidak terawat dengan tumpukan barang dimana-mana menjadi tempat ideal bagi ular. Untuk tau cara mengusir ular dari rumah, pastikan untuk rajin membersihkan hunian Anda sehingga selalu bersih.

Cara Mengusir Ular dari Rumah

Ada beberapa metode yang dapat anda pergunakan sebagai cara mengusir ular dari rumah yaitu:

Memasang pembatas

Pembatas ini umumnya berupa pagar jeruji besi pada saluran air. Pagar ini dapat menghalangi ular, terutama ular berukuran besar agar tidak dapat masuk ke dalam saluran air yang menuju ke dalam rumah.

  • Kelebihan : mudah, murah, dan tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya
  • Kekurangan : tidak dapat menghalau ular berukuran kecil.

Menggunakan obat repelen

obat repelen

Anda juga dapat menggunakan obat repelan sebagai cara mengusir ular dari rumah. Obat-obatan seperti ini tersedia di toko hama. Pilihan lainnya adalah menggunakan bahan yang ada di rumah seperti pembersih lantai, minyak kayu manis dan cengkeh, bubuk belerang, bubuk cabe, dan kapur barus. Bahan-bahan tersebut dapat diletakkan di tempat-tempat yang rawan dimasuki ular, atau disiramkan ke badan ular.

  • Kelebihan : bahan mudah didapatkan
  • Kekurangan : tingkat efektifitas belum tentu terjamin

Menggunakan jasa profesional

Cara mengusir ular dari rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan jasa profesional seperti Strategic Pestcontrol. Ular merupakan kasus hama yang tidak umum dan membutuhkan penanganan yang berbeda.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Dengan menggunakan jasa profesional, Anda dapat memastikan hasil yang maksimal untuk ketenangan hati seluruh anggota keluarga.

  • Kelebihan : penanganan dilakukan secara profesional serta menyeluruh untuk mencegah masuknya ular di masa yang akan datang.
  • Kekurangan : membutuhkan biaya tersendiri namun Strategic Pestcontrol menawarkan jasa konsultasi dan survey gratis.

Konsultasikan mengusir ular dari rumah bersama Strategic Pestcontrol sekarang juga. Pilihan kontrak dan kerjasama yang beragam dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan tentu saja dengan penawaran harga kompetitif.