Article

Solusi Ampuh Mengusir Curut dari Tempat Tinggal Anda

cara mengusir curut

Walaupun mirip dengan tikus, curut merupakan hewan pemakan serangga dan tidak masuk dalam kategori hewan pengerat. Walaupun begitu, habitatnya yang mirip dengan tikus membuat hewan ini menjadi salah satu hewan penyebar penyakit yang serupa dengan tikus. Tentu saja kehadiran hewan ini di dalam tempat tinggal menjadi hal yang mengkhawatirkan. Cari tahu segala sesuatu tentang curut, terutama cara mengusir curut yang tepat, untuk kenyamanan Anda dan keluarga.

Penyebab Munculnya Curut

curut dalam lobang

Sebelum mencari tahu cara mengusir curut yang efektif, kenali dulu penyebab munculnya hewan ini di hunian Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa hewan yang satu ini merupakan hewan pemakan berbagai jenis serangga. Umumnya, curut hidup di semak-semak, kebun, ataupun lubang yang ditinggalkan oleh hewan lain. Hewan ini juga dapat menggali lubang di sela-sela pondasi atau ruang bawah tanah.

Seperti tikus, curut juga menyukai tempat yang gelap, lembab, kotor, dan becek. Lingkungan seperti itu, merupakan kondisi ideal yang menarik perhatian serta menjadi penyebab munculnya curut.

Akibat dari Keberadaan Curut

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengusir curut mengingat hewan ini membawa dampak yang tidak baik bagi Anda dan keluarga.

Di satu sisi, hewan ini merupakan hewan yang dapat menjadi penyebar penyakit seperti tikus. Kerugian lain dari curut adalah dari segi bau dan kerusakan. Hewan ini memiliki bau tajam yang khas, hampir seperti sigung. Bau tersebut tentu saja akan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman.

Dari segi kerusakan, curut dapat menggerogoti sudut-sudut rumah, bahkan kabel listrik dalam tempat tinggal Anda. Sangat berbahaya bukan!

Cara Mengusir Curut Alami

cangkang telur

Ada beberapa cara mengusir curut secara alami yang dapat Anda coba apabila hewan ini mulai berkeliaran di dalam hunian:

  • Minyak essensial seperti cengkeh dan mint. Aroma yang tajam dari minyak tersebut akan mengusir kehadiran curut
  • Aplikasi pengusir curut. Anda dapat menggunakan aplikasi khusus yang mengeluarkan suara infrasonik dan ultrasonik yang tidak disukai curut sebagai cara untuk mengusir hama ini.
  • Cangkang telur. Haluskan kulit telur yang sudah dibersihkan, lalu taburkan di tempat-tempat yang dilewati curut.
  • Serbuk kopi. Taburkan serbuk kopi di sudut-sudut hunian. Aromanya yang kuat membuat curut tidak betah berada di dekatnya.
  • Bubuk cabe. Campurkan bubuk cabe dan air, lalu semprotkan di area yang sering dilewati curut. Sifat cabe yang panas akan membuat curut kepanasan dan menjauhi area tersebut.
  • Lada. Serupa dengan bubuk cabe, bubuk lada juga dapat dipergunakan sebagai salah satu cara mengusir curut secara alami. Taburkan bubuk lada di sudut ruangan serta jalur pergerakan curut.
  • Cuka. Bahan dapur ini memiliki bau menyengat yang tidak disukai curut. Letakkan cuka dalam mangkok dan letakkan di sudut rumah Anda.
  • Kapur barus. Cukup letakkan kapur barus di berbagai sudut ruangan agar curut tidak mendekat.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Cara Mengusir Curut dengan Bantuan Tenaga Profesional

Selain cara alami, Anda juga dapat menggunakan bantuan para ahli dalam bidang pengusiran hama yaitu Strategic Pestcontrol. Menggunakan jasa tenaga ahli seperti Strategic Pestcontrol membawa hasil yang lebih cepat dan efektif. Strategic Pestcontrol dapat membantu Anda dalam hal:

  • Konsultasi dan survey gratis untuk menentukan seberapa besar masalah hama yang Anda hadapi
  • Melakukan penanganan secara menyeluruh, mulai dari melihat penyebab atau sumber masuknya curut, membasmi hama curut dengan bahan yang efektif dan aman, serta mengambil langkah-langkah untuk memastikan hama ini tidak menyerang lagi di masa yang akan datang.

Didukung oleh pengalaman selama lebih dari 14 tahun, Strategic Pestcontrol siap membantu Anda untuk mengusir hama hewan curut yang mengganggu. Konsultasikan masalah hama bersama tim Strategic sekarang juga.