Content Pillar

Tips Ampuh: Cara Menghilangkan Rayap Tanpa Ribet dan Hemat

Cara Membasmi Rayap

Artikel ini membahas cara menghilangkan rayap mulai dari berkenalan dengan apa itu hama rayap, panduan membasmi rayap, cara mengendalikan rayap dan rekomendasi jasa pest control yang tepat untuk menangani permasalahan hama rayap.


Rayap adalah salah satu jenis hama yang jarang terlihat namun memiliki dampak yang luar biasa besar apabila tidak segera langsung ditangani. Rayap termasuk jenis hama yang dapat merusak struktur bangunan yang terbuat dari kayu.

Selain merusak bangunan, hama yang satu ini juga dapat merusak furniture seperti kusen pintu, plafon, lantai, tembok, dan lain sebagainya. Dokumen-dokumen yang tidak tersimpan dengan baik juga akan menjadi korban rayap. Secara umum, dampak terbesar dari rayap adalah membuat lingkungan menjadi kotor dan merusak bangunan.

Sarang rayap yang berada jauh di dalam tanah dan ukuran yang mungil dapat membuat sulit untuk dibasmi. Jika mendapat masalah seperti ini, apa yang harus Anda lakukan?

Pertama, Anda perlu mencari tahu informasi dari sumber terpercaya perihal langkah-langkah atau cara membasmi rayap rayap, seperti pada artikel berikut ini:

Bagian 1 | Berkenalan dengan Hama Rayap

A. Apa itu Hama Rayap


Cara menghilangkan rayap di rumah dimulai dengan mengenali apa itu rayap. Rayap termasuk jenis serangga yang tergolong hama. Serangga ini mengkonsumsi selulosa yang berasal dari tumbuhan. Rayap tergolong hama karena kemampuannya untuk mengunyah dan menembus kayu tanpa terdeteksi.

B. Jenis-jenis Rayap

Kenali jenis-jenis rayap yang menyerang hunian Anda untuk menemukan cara menghilangkan rayap di rumah.

1. Rayap Subterranean/Rayap Bawah Tanah

Rayap bawah tanah merupakan rayap yang paling umum ditemukan dan dikenal sebagai jenis rayap dengan kekuatan menghancurkan yang paling besar. Jenis rayap ini membuat sarang berupa Lorong-lorong di bawah tanah, tepat di bawah pondasi rumah.

2. Rayap Drywood/Rayap Kayu Kering

Rayap kayu kering tinggal dan membuat sarang di dalam struktur kayu yang mereka makan. Tanda-tanda keberadaannya terlihat dari lubang-lubang kecil pada permukaan kayu ataupun tumpukan debu halus hasil gigitan rayap.

3. Rayap Dampwood/ Rayap Kayu Basah

Jenis rayap ini menyukai kayu-kayu dengan tingkat kelembaban yang tinggi, misalnya tumpukan kayu di dekat genangan air. Rayap jenis ini umumnya tinggal dalam beberapa grup kecil dan tidak membentuk satu koloni besar.

4. Rayap Tidak Umum

Beberapa jenis rayap lain tidak dapat dikategorikan ke dalam kelompok tertentu. Jenis rayap seperti  Formosan dan Conehead memiliki penampilan dan sikap yang serupa dengan rayap bawah tanah, hanya saja rayap-rayap tersebut tergolong lebih ganas. Untuk memastikan jenis rayap seperti apa yang menyerang hunian Anda, mintalah bantuan dari penyedia jasa pest control professional.

C. Tanda-tanda Adanya Hama Rayap

Langkah selanjutnya dari cara menghilangkan rayap di rumah adalah mengenali tanda-tanda adanya hama rayap di dalam atau sekitar hunian Anda.

1. Mud tubes atau pipa tanah

Mud tubes dapat ditemukan sepanjang dinding eksterior, pilar kayu, ataupun sudut rumah. berbentuk pipa kecil panjang terbuat dari tanah atau lumpur yang berfungsi untuk melindungi rayap dari semut dan cahaya matahari. Begitu melihat ciri ini, segera cari cara membasmi rayap di rumah yang paling tepat.

2. Sayap

Saat rayap menemukan struktur kayu atau bangunan yang dianggap cocok sebagai sarang, mereka akan menanggalkan sayap mereka.

3. Kerusakan pada kayu

Kerusakan kayu dapat terlihat dalam berbagai bentuk, mulai dari permukaan yang berlubang ataupun kayu yang terdengar kopong atau kosong saat diketuk.

4. Rabuk/serbuk kayu

Temukan cara menghilangkan rayap di rumah saat Anda melihat tumpukan rabuk atau serbuk kayu halus di sekitar benda-benda yang terbuat dari kayu menjadi salah satu ciri keberadaan rayap.


Bagian 2 | Cara Menghilangkan Rayap

A. Cara Menghilangkan Rayap di Kayu

cara menghilangkan rayap di kayu

Tersedia beberapa pilihan cara menghilangkan rayap di rumah, terutama di material kayu yaitu:

  • Sinar matahari. Cara membasmi rayap di rumah yang paling efektif adalah dengan sinar matahari. Paparan sinar matahari secara langsung selama 2-3 hari akan membunuh rayap.
  • Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan menyemprot area yang bermasalah dengan campuran air dan boraks.
  • Anda dapat menggunakan cara membasmi rayap dengan metode alami yaitu neem oil dan orange oil. Semprotkan atau oleskan minyak tersebut di area yang bermasalah 

B. Cara Menghilangkan Rayap di Furniture

Anda dapat menggunakan metode di atas sebagai cara menghilangkan rayap di rumah khususnya untuk furniture yang umumnya terbuat dari kayu.  Selain itu, Anda dapat memberikan memberikan perlindungan tambahan dengan cara:

  • Menjauhkan furniture dari sumber air yang membuatnya basah dan lembab
  • Menggunakan furniture kayu yang telah mendapatkan treatment khusus yang membuatnya lebih tahan terhadap rayap.
  • Mengaplikasikan lapisan pelindung khusus secara berkala

C. Cara Menghilangkan Rayap di Dinding

cara menghilangkan rayap di tembok

Untuk cara menghilangkan rayap di rumah khususnya di area dinding, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan yaitu cuka. Anda bisa menggunakan cuka dalam berbagai cara mulai dari cuka murni, campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:1, atau membuat campuran cuka dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:4. Semprotkan campuran cuka tersebut ke area yang bermasalah dan lakukan secara berkala.

D. Cara Menghilangkan Rayap di Tanah

Beberapa metode atau cara menghilangkan rayap di tanah yang dapat Anda coba adalah:

  •  Memastikan area tersebut terpapar sinar matahari
  • Menyemprot atau menyiramnya dengan campuran yang terbuat dari air dan cuka
  • Menyemprot atau menyiramnya dengan campuran yang terbuat dari air dan bubuk cabe secara teratur seminggu sekali. Cara membasmi rayap ini terbilang efektif karena cabe mengandung senyawa capsaicin yang dapat merusak sistem syaraf rayap.

E. Cara Menghilangkan Rayap pada Tumbuhan

Untuk cara menghilangkan rayap pada tumbuhan, Anda dapat menggunakan dua cara berikut:

  • Menggunakan bantuan parasitic nematodes, cacing kecil yang merupakan predator utama dari rayap. Cara membasmi rayap ini terbilang sangat efektif dan aman karena tidak menggunakan bahan kimia. Letakkan parasit ini di area yang dipenuhi rayap. Nematodes akan berkembang biak dan memakan rayap hingga habis.
  • Cara membasmi rayap di rumah dan tanaman yang juga bisa Anda coba adalah dengan membuat perangkap rayap menggunakan kardus. Kardus terbuat dari selulosa yang sangat disukai rayap. Basahi kardus lalu letakkan di dekat area yang banyak terdapat rayap. Rayap akan masuk ke dalam kardus tersebut dan Anda bisa membuang atau membakarnya untuk menghilangkan rayap yang mengganggu.

Bagian 3 | Cara Menghilangkan Rayap

Metode pengendalian rayap merupakan bagian dari cara membasmi rayap di rumah dan di bangunan lainnya. Metode yang dipergunakan mungkin akan berbeda antara satu tempat dengan tempat lain, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. 

A. Cara Menghilangkan Rayap di Apartemen

Metode pengendalian dan cara menghilangkan rayap di hunian seperti apartemen dapat dilakukan dengan berbagai cara, meliputi:

  • perawatan bangunan apartemen secara teratur untuk mencegah masalah kebocoran yang dapat membuat bangunan menjadi lembab dan menarik perhatian rayap
  • pengendalian dan pencegahan rayap pada tahap konstruksi bangunan, yaitu dengan pemberian bahan kimia anti rayap diantara fondasi bangunan dan tanah.
  • pengendalian dan cara membasmi rayap pasca konstruksi yaitu dengan penggunaan bahan kimia seperti termiticides. Termiticides merupakan bahan kimia aktif yang umum dipergunakan sebagai cara membasmi rayap di rumah dan apartemen. Bahan kimia ini digunakan dengan cara mengebor lubang pada permukaan lantai lalu mengisinya dengan termiticides, atau menyemprot termiticides secara langsung ke permukaan kayu yang terkenal rayap.

B. Cara Menghilangkan Rayap di Perkantoran

Metode pengendalian dan cara menghilangkan rayap di rumah ataupun bangunan komersil seperti kantor dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

  • Melakukan perawatan gedung perkantoran secara teratur untuk memastikan tidak ada genangan air ataupun area lembab yang merupakan tempat berkembang biak rayap.
  • Menjadwalkan pemeriksaan/inspeksi rayap minimal satu tahun sekali
  • Mengambil tindakan cara membasmi rayap secara langsung sejak deteksi awal keberadaan rayap, baik dengan penggunaan umpan atau tindakan lainnya.

C. Cara Menghilangkan Rayap di Perumahan

Cara menghilangkan rayap di rumah umumnya menggunakan metode penggunaan umpan, penyemprotan, ataupun penggunaan termiticides. Untuk mengatasi masalah rayap kayu kering dalam skala besar, maka akan diambil langkah yang lebih ekstrim. Petugas akan menutup bangunan dengan tenda, lalu memompa gas khusus untuk membasmi rayap di dalamnya (metode fumigasi). 

D. Cara Menghilangkan Rayap di Restoran

Metode pengendalian atau cara membasmi rayap di restoran dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti fumigasi, penyemprotan termiticides, heat fumigation (metode fumigasi dengan penggunaan panas dalam jangka waktu tertentu), serta penggunaan cara membasmi rayap yang alami dan ramah lingkungan.

Metode pengendalian ini perlu terus dilakukan untuk mencegah investasi rayap di masa yang akan datang. Pengendalian dan cara menghilangkan rayap dapat dilakukan dengan memastikan saluran pembuangan air tidak terhambat, serta lakukan inspeksi rayap oleh jasa pest control secara teratur.


Bagian 4 | Cara Mencegah Hama Rayap

Langkah terbaik dalam cara menghilangkan rayap di rumah adalah dengan mencegah keberadaan hama tersebut sejak dini. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan cara:

A. Inspeksi Keberadaan Rayap

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam cara membasmi rayap adalah melakukan inspeksi secara menyeluruh. Anda akan mengetahui jenis rayap apa yang menyerang, lokasi rayap, serta tingkat keparahan. Inspeksi dilakukan di seluruh area bangunan dan sekitarnya dengan melihat apakah ada tanda-tanda keberadaan rayap.

B. Tindakan Sanitasi

cara mengusir rayap

Tindakan sanitasi atau pembersihan dilakukan untuk mencegah rayap masuk ke dalam bangunan. Hal ini dilakukan dengan cara memastikan tidak ada sumber makanan rayap ataupun area tempat tinggal ideal bagi rayap di hunian Anda.

Segera perbaiki bila ada pipa bocor yang akan membuat area sekitar menjadi lembab. Jauhkan tumpukan kayu dari rumah. Jauhkan bahan-bahan yang terbuat dari kayu seperti furniture, kardus, ataupun tumpukan kertas dari dinding.

C. Perbaikan pada Bangunan

Lakukan pengecekan pada struktur bangunan yang terbuat dari kayu. Langkah ini merupakan bagian dari cara menghilangkan rayap di rumah dan bangunan lain. Apabila struktur kayu tersebut telah terinfeksi rayap, segera ganti dan lakukan perbaikan untuk mencegah infestasi rayap meluas.

D. Perawatan Pra-Konstruksi pada Bangunan

Anda bisa melakukan perawatan pra-konstruksi bangunan untuk mencegah infestasi rayap sejak awal. Perawatan yang dimaksud berupa:

  • Penggunaan kayu yang telah mendapatkan treatment khusus dan membuatnya lebih tahan rayap
  • Pembatas rayap yang diletakkan diantara pondasi dan pilar bangunan
  • Pondasi yang dilengkapi dengan pembatas dari stainless steel

E. Perangkap Rayap

Saat ini terdapat berbagai jenis perangkap ataupun umpan rayap di pasaran. Anda dapat menggunakan perangkap tersebut sebagai upaya pencegahan dan cara membasmi rayap.


Bagian 5 | Strategic Pestcontrol Akurat Tangani Hama Rayap

A. Berkenalan dengan Strategic Pestontrol

Yuk kenalan dengan Strategic Pestcontrol atau SPC. SPC adalah penyedia jasa penanggulangan hama profesional di daerah Jakarta. SPC didukung oleh tenaga ahli berpengalaman dan bersertifikasi dengan pengalaman lebih dari 14 tahun di bidangnya.

Saat ini, SPC menawarkan 3 jenis jasa yaitu:

  • Pest and Rodent Control

Siap membantu Anda untuk membasmi segala jenis hama mulai dari rayap, hama terbang, tikus, dan ragam jenis hama lainya.

  • Desinfeksi Virus

Pastikan seluruh area di kantor, restoran, tempat usaha, apartemen, dan hunian Anda terbebas dari virus dengan metode cold fogging, spraying, whipping, fogging, dan misting dari SPC.

  • Penyedia peralatan pengendali hama

Menyediakan segala jenis peralatan pengendali hama untuk segala kebutuhan mulai dari rat box, fly trap, dan lain sebagainya.

B. Alasan Memilih Strategic Pestcontrol

Mengapa harus memilih SPC sebagai penyedia jasa cara menghilangkan rayap di rumah dan bangunan lainnya? Karena SPC memberikan ragam keunggulan dalam bentuk:

  • Total Inclusion Service Level

    Total inclusion service level memastikan bahwa setiap masalah, ide, kritik, ataupun laporan dari pelanggan akan disampaikan ke seluruh jajaran untuk mempercepat proses penyelesaian dan penanganan hama.

  • Penggunaan Bahan Aktif

    Bahan aktif yang dipergunakan memberikan hasil efektif dalam jangka waktu singkat. Obat kami diracik berdasarkan permasalahan hama yang akan ditangani sehingga hama terkendali hingga 90%.

  • Peralatan Teknologi Tinggi

    Proses pengendalian hama dilakukan dengan peralatan berteknologi terbaru untuk memberikan hasil semaksimal mungkin.

  • Sesuai dengan Standar Regulasi

    Prosedur pengendalian hama SPC telah memenuhi standar regulasi ketat dan selalu mengikuti regulasi terbaru mulai dari standar ISO, GMP, dan regulasi kesehatan.

C. Cara Penanganan Strategic Pestcontrol Terhadap Hama

Cara menghilangkan rayap di rumah dan bangunan lain yang dilakukan SPC dilakukan secara terintegrasi dan menyeluruh. Prosedur yang dilakukan meliputi:

  • Prevention

    Cara menghilangkan rayap di rumah dimulai dengan melakukan asesmen terhadap kondisi bangunan dan sekitarnya untuk menemukan cara pencegahan hama terbaik.

  • Exclusion

    Mengacu pada pada teknik agar hama tidak berkembangbiak di area dalam.

     

  • Sanitation

    Proses sanitasi pada cara menghilangkan rayap dilakukan untuk mencegah penyebaran hama dan membuat lingkungan menjadi lebih bersih sehingga tidak menarik perhatian hama.

  • Treatment

    Penggunaan peralatan terbaru dan bahan kimia yang tepat untuk membasmi hama dengan efektif.


Penutup

Ternyata, ada berbagai cara membasmi rayap. Pastikan Anda memilih cara yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik demi kenyamanan dan kelangsungan bisnis Anda. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan masalah ini dengan tenaga ahli di bidangnya.

Hubungi Strategic Pestcontrol penyedia jasa pest control terpercaya di Jakarta dan atasi masalah rayap yang mengganggu sekarang juga. Tersedia layanan konsultasi gratis dan dapatkan fasilitas survey gratis dari Strategic Pest Control. Info lebih lanjut klik disini: Whatsapp.