Article

Cara Mengusir Semut Merah Hingga Tuntas

cara mengusir semut merah

Ukuran semut merah memang mungil. Tapi kalau sampai digigit, rasa sakitnya dipastikan akan bertahan lama. Bayangkan kalau ada ratusan semut yang meneror. Kalau tidak segera mencari cara mengusir semut merah, masalah yang awalnya kecil bisa berkembang menjadi besar.

Mengenal Si Kecil Cabe Rawit

Semut merah

Semut merah merupakan jenis semut yang masuk dalam ordo Hymenoptera. Semut jenis ini bisa dikenali dari warnanya yang merah kecoklatan dengan panjang sekitar 3 mm. Meski ukurannya kecil, gigitan satu ekor semut merah bisa terasa sangat menyakitkan. Itulah kenapa semut merah selalu menjadi momok merepotkan jika sampai membangun koloni di rumah.

Biasanya semut merah hidup dalam koloni besar yang terdiri dari 100 ribu ekor semut. Ratu semut merah sendiri memiliki panjang 6 mm. Setiap harinya, ratu semut merah mampu menghasilkan telur antara 100 hingga 200 telur.

Cara Menghilangkan Semut Merah di Rumah

cara menghilangkan semut merah dirumah

Semut merah sebenarnya bisa diusir dengan cara yang sederhana. Berikut cara mengusir semut merah yang bisa Anda coba.

1. Larutan Sabun

Cara mengusir semut merah yang satu ini terbilang simpel dan tidak mahal. Bahan-bahannya juga bisa Anda temukan dengan mudah di rumah.

Larutan pengusir semut merah yang satu ini bisa Anda buat cukup dengan dua bahan, yakni sabun cair atau sabun cuci piring dan air. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1:2. Untuk mengusir semut merah, cukup semprotkan larutan sabun ke arah gerombolan semut.

2. Bubuk Kapur

Kalsium karbonat yang terkandung dalam kapur bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut. Jadi kalau Anda sedang mencari cara mengusir semut merah yang simpel, Anda bisa menggunakan kapur.

Hancurkan kapur hingga menjadi bubuk. Setelah itu taburkan bubuk kapur pada area yang sering dilalui semut merah.

3. Garam

Bumbu dapur, khususnya garam juga bisa menjadi solusi ampuh untuk mengusir semut merah. Bahkan lebih simpel, Anda tidak perlu membuat larutan atau ramuan-ramuan khusus.

Anda cukup menaburkan garam di lubang semut dan sudut-sudut yang sering dilalui semut merah. Tapi perlu diingat, gunakan garam bubuk, bukan garam batu. Untuk mengusir semut merah, Anda juga bisa mencampurkan garam dengan air kemudian menyemprotkannya ke arah gerombolan semut.

4. Lada

Sebagai informasi, semut sebenarnya tidak suka dengan lada. Jadi kalau Anda sedang mencari cara mengusir semut merah yang simpel dan praktis, solusi yang satu ini layak dicoba.

Caranya pun sederhana. Anda cukup menaburkan bubuk lada ke area-area yang sering dilalui semut merah. Agar lebih ampuh, campurkan lada dengan cabai rawit dan air. Setelah itu, semprotkan larutan tersebut ke arah semut.

5. Cuka Putih dan Air

Larutan cuka putih dan air juga bisa menjadi solusi ampuh untuk mengusir semut merah. Bahan-bahannya mudah ditemukan. Cara membuatnya pun simpel.

Anda cukup menyiapkan cuka putih dan air, kemudian campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 50:50. Setelah dicampur, gunakan larutan cuka putih dan air untuk membersihkan area rumah, seperti lantai, jendela atau celah yang sekiranya sering dilewati semut.

Strategic Pestcontrol, Solusi Kendalikan Semut Merah

Strategic Pestcontrol

Dalam jumlah kecil, semut merah sebenarnya bisa ditangani sendiri. Anda bisa menggunakan cara-cara di atas untuk mengusir gerombolan semut merah. Tapi jika semut sudah terlanjur membangun koloni besar di rumah, Anda butuh bantuan tenaga profesional seperti Strategic Pestcontrol.

1. Berpengalaman selama lebih dari 14 tahun

Strategic Pestcontrol berpengalaman mengusir hama, termasuk semut merah selama lebih dari 14 tahun. Pengalaman panjang dalam industri pengusiran hama membuat kami menyadari bahwa mengusir hama membutuhkan strategi dan peralatan yang tepat. Berbekal pengalaman tersebut, kami akan membantu Anda membasmi semut merah yang mengganggu.

2. Telah membantu banyak klien besar

Strategic Pestcontrol telah membantu banyak klien besar dari berbagai macam industri terbebas dari gangguan hama. Mulai dari gedung perkantoran, mall, apartemen, restoran, perumahan hingga pabrik, semua pernah kami tangani.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

3. Layanan konsultasi dan survey gratis

Anda punya masalah hama semut tapi belum tahu solusi apa yang paling tepat untuk mengatasinya? Strategic Pestcontrol menawarkan konsultasi gratis. Bukan hanya konsultasi saja, kami juga menyediakan layanan survey gratis.
Butuh solusi tepat untuk usir semut merah hingga tuntas? Hubungi kami di sini sekarang juga.