Article

[Langkah Mudah] Cara Mengusir Cicak Secara Alami

cara mengusir cicak

Salah satu hewan yang sering kita temukan di dalam rumah atau bangunan lainnya adalah cicak. Hewan yang sekilas nampak tidak berbahaya ini bahkan cenderung kita abaikan keberadaannya.

Namun ternyata, kehadiran cicak membawa dampak yang kurang menyenangkan. Di satu sisi, kotoran cicak yang bertebaran tentu tidak nyaman dilihat. Selain itu, ada risiko kesehatan yang mengintai di balik keberadaan hewan ini.

Untuk itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui penyebab munculnya cicak dalam rumah serta pilihan cara mengusir cicak yang aman dan efektif.

Penyebab Cicak Masuk Rumah

Sebelum mengenali pilihan cara mengusir cicak, ketahui terlebih dahulu mengapa banyak cicak yang masuk ke dalam rumah Anda. Ada beberapa penyebab dari keberadaan cicak dalam suatu bangunan yaitu:

  • Rumah yang kotor

Rumah yang kotor menarik perhatian banyak hewan termasuk cicak. Rumah yang kotor dengan banyak sisa makanan yang disukai cicak tentu saja akan membuat hewan ini berdatangan.

  • Banyak nyamuk

Nyamuk merupakan salah satu makanan utama cicak. Bila rumah Anda banyak nyamuk, maka dapat dipastikan bahwa cicak akan datang berkunjung.

  • Keberadaan kebun di sekitar rumah

Kebun menjadi salah satu habitat banyak serangga yang disukai cicak. Keberadaan kebun yang menjadi tempat tinggal dari mangsa cicak tentu saja akan menarik perhatian hewan tersebut. Area hunian di sekitar kebun tersebut juga turut akan turut diramaikan oleh hewan ini.

Bahaya Cicak

Air liur cicak mengandung bakteri E.Coli yang berbahaya bagi kesehatan. Bakteri ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mual, sakit perut, demam, hingga gangguan kesehatan yang lebih berat gangguan kemih dan radang selaput otak.

Sayangnya kita tidak bisa mengetahui apakah peralatan makan atau makanan yang ada telah terpapar cicak atau belum, karena kita tidak bisa terus memantau pergerakan cicak. Cara terbaik adalah dengan mengetahui cara mengusir cicak yang tepat untuk menghindari masalah kesehatan ini.

Selain air liur, kotoran cicak juga mengandung bakteri lain yaitu Salmonella. Makanan yang telah terkontaminasi bakteri ini dapat menyebabkan gejala flu, demam, hingga keracunan makanan.

Cara Mengusir Cicak Secara Alami

bubuk merica

Beberapa cara mengusir cicak ini menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

  • Semprotan merica

Campurkan bubuk merica dengan air lalu semprotkan langsung ke cicak. Selain itu, semprotkan juga campuran tersebut ke tempat-tempat yang sering didatangi cicak.

  • Cangkang telur

Cangkang telur, khususnya yang telah direbut ternyata mengeluarkan aroma yang tidak disukai cicak. Letakkan cangkang telur di tempat-tempat yang sering dilalui hewan ini.

  • Bubuk kopi

Taburkan bubuk kopi di sudut-sudut ruangan untuk mengusir cicak. Bau kopi yang tajam ternyata tidak disukai oleh hewan kecil ini.

  • Bawang

Bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay memiliki aroma khas yang dibenci cicak. Cukup letakkan potongan bawang tersebut di beberapa penjuru rumah, atau dapat juga dengan mencampurkan bawang halus dengan air dan disemprotkan ke arah cicak.

Selain itu, pastikan bahwa kondisi rumah selalu dalam kondisi bersih, tidak ada sisa makanan yang bertebaran, dan tidak lembab untuk mencegah cicak masuk ke dalam tempat tinggal Anda.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Solusi Kendalikan Cicak dengan Strategic Pestcontrol

Cara mengusir cicak alami dapat dilakukan siapa saja, namun untuk mengusir hama secara profesional hingga tuntas ke akarnya, percayakan pada Strategic Pestcontrol. Sebagai penyedia jasa pengendali hama terpercaya, Strategic Pestcontrol hadir dengan metode efektif untuk memastikan hama cicak tidak akan lagi mengganggu hunian Anda.

Anda dapat mempercayakan kebutuhan pengendalian hama kepada Strategic Pestcontrol, dengan dukungan pengalaman selama lebih dari 14 tahun. Pelayanan profesional dan memuaskan telah dibuktikan oleh banyak klien individu maupun lembaga besar di tanah air. Hubungi Strategic Pestcontrol sekarang juga untuk sekedar bertanya-tanya, ataupun konsultasi dan dapatkan survey secara gratis.