Article

Telur Kecoa: Bahaya dan Bagaimana Cara Membasminya

telur kecoa

Kehadiran kecoa membawa kuman penyakit bagi anggota keluarga. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membasmi hewan ini secara tuntas dan menyeluruh, bukan hanya kecoa dewasa saja namun juga mulai dari telur kecoa.

Kenali lebih jauh tentang karakteristik dan bahayanya, serta cara membasminya hingga tuntas tak bersisa.

Karakteristik dan Bahaya Telur Kecoa

Kenali terlebih dahulu karakteristik dari hewan hama yang satu ini.

  • Kecoa betina dewasa akan kawin dan menghasilkan telur
  • Semasa hidupnya, satu ekor kecoa betina dapat menghasilkan 16-40 telur.
  • Berbentuk seperti kapsul yang sering disebut ootheca.
  • Ukuran kapsul telur ini sekitar 8-10 milimeter.
  • Warna telur bervariasi, mulai dari coklat tua hingga coklat muda tergantung dari spesiesnya.
  • Satu kapsul telur dapat berisi 16-20 embrio kecoa.
  • Fase telur berlangsung selama 24-38 hari tergantung pada spesies dan lingkungan kecoa tersebut.
  • Telur menetas menjadi nimfa yang nantinya akan tumbuh menjadi kecoa dewasa.

Karakteristik dan daur hidup kecoa menunjukan bahwa hewan yang satu ini dapat berkembang dalam jumlah banyak, dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Ukuran telur yang mungil dan tersembunyi di dalam lubang ataupun retakan dinding membuatnya lebih sulit untuk dideteksi dan dibasmi. Bila tidak dibasmi, telur-telur tersebut akan tumbuh dewasa dan berisiko membawa penyakit bagi Anda dan keluarga.

Cara Membasmi Telur Kecoa

IGR

Kecoa dapat menjadi sumber dari beberapa penyakit seperti kolera, alergi, gangguan pernapasan, disentri, diare, dan tifus. Besarnya risiko penyakit akibat kecoa menunjukkan pentingnya bagi Anda untuk menjaga kebersihan rumah dan membasmi hewan hama ini hingga ke akar-akarnya. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membasminya yaitu:

Menjaga Kebersihan Rumah

Kecoa menyukai area yang kotor, lembab, dekat dengan sumber air, dan makanan. Tidak heran bila Anda lebih sering menemukan kecoa di dapur dan kamar mandi. Area tersebut juga merupakan kandidat utama tempat kecoa menyembunyikan telurnya.

Untuk membasmi dan mencegah perkembangbiakan kecoa di dalam hunian, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan seluruh rumah, terutama di area-area seperti dapur, kamar mandi, lemari penyimpanan makanan, lemari dapur, saluran air, area mesin cuci, dan bagian rumah lainnya.

Menggunakan Asam Borat

Anda juga dapat menggunakan bahan berupa asam borat untuk membasmi kecoa dewasa dan memutus daur hidupnya.

Buatlah campuran antara asam borat dengan gula, lalu tebarkan di beberapa tempat seperti sudut rumah, area belakang lemari dapur, bawah tempat cuci piring, di belakang lemari es, dan tempat-tempat lain yang sering dilewati kecoa.

Gula yang manis akan menarik perhatian kecoa sementara asam borat dapat membunuh kecoa. Berhati-hati dalam menggunakan bahan ini dan jauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Menggunakan Insect Growth Regulator

Insect Growth Regulator (IGR) adalah bahan kimia yang dipergunakan untuk menghambat siklus hidup serangga. IGR banyak dipergunakan untuk membasmi hama serangga seperti nyamuk dan juga kecoa.

IGR bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan kecoa sehingga tidak dapat tumbuh dewasa dan menghasilkan telur.

Telur kecoa yang terkena IGR tidak akan menetas dan kecoa yang mengonsumsi telur tersebut akan mati. Bahan kimia ini terbilang aman dan tidak membawa dampak negatif kepada hewan bermanfaat lainnya, sepanjang penggunaanya dilakukan dengan seksama.

Jadwalkan Konsultasi Gratis

Solusi Kendalikan Telur Kecoa, Konsultasikan dengan Strategic Pestcontrol

Penggunaan bahan kimia saja terkadang tidak cukup untuk membasmi kecoa hingga tuntas. Ukuran telur yang sangat kecil dan tersembunyi membuatnya sulit terjangkau.

Untuk pembasmian dan pengendalian secara tuntas, Anda dapat mengonsultasikannya dengan tenaga profesional Strategic Pestcontrol.

Strategic memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun dalam hal pengendalian aneka jenis hama di berbagai lingkungan, mulai dari hunian ataupun bangunan komersial. Langkah penanganan hama kecoa dan telurnya dilakukan secara menyeluruh untuk meminimalisir munculnya gangguan hama serupa di kemudian hari. Hubungi Strategic Pestcontrol sekarang juga, untuk konsultasi dan survey awal gratis.